KEGIATAN KEMENPERIN

Pelatihan Pengelolaan Limbah Batik untuk IKM Batik


Senin, 2 September 2013

Pada hari Selasa, 27 Agustus 2013, telah dibuka secara resmi Pelatihan Pengelolaan Limbah Batik untuk IKM Batik yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kerjasama Industri Internasional (Ditjen KII) Kementerian Perindustrian dengan Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta. Pembukaan dilakukan oleh Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Sumber Daya Industri dan Teknologi Dra. Dyah Winarni Poedjiwati, MBA. 

Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Sekretariat Ditjen KII telah memfasilitasi penempatan tenaga ahli dari Jepang dan Korea Selatan berjumlah 6 orang dalam rangka mengembangkan sistem dan meningkatkan kemampuan SDM industri. 

Kegiatan lain yang terkait adalah melaksanakan program "Capacity Building Pengelolaan Limbah Batik untuk IKM Batik" dengan pertimbangan bahwa sektor batik merupakan komoditas Indonesia yang mempunyai nilai budaya dan ekonomi cukup potensial namun dalam proses produksinya menghasilkan limbah yang membahayakan lingkungan. Di masa yang akan datang, ekspor batik akan terus didorong sekaligus diupayakan untuk mampu memenuhi persyaratan internasional, di antaranya produk yang ramah lingkungan.

Penerapan konsep produksi bersih pada proses pembatikan dapat dilakukan dengan 5 prinsip pokok, yang terdiri dari rethink, reuse, reduction, recovery dan recycle, yang pada dasarnya menekankan pada penggunaan bahan baku secara efisien dan meminimisasi limbah industri. Hal inilah yang diharapkan dapat diserap dan diterapkan oleh para peserta pelatihan, serta menularkan ilmu kepada IKM lain agar kelestarian lingkungan tetap terjaga dengan baik.

Pelatihan berlangsung selama 4 hari, terhitung mulai tangal 27 sampai dengan 30 Agustus 2013 dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang yang berasal dari Kota Yogyakarta (4 orang), Kab. Bantul (4 orang), Kab. Kulonprogo (6 orang), Kab. Gunungkidul (3 orang), dan Kab. Sleman (3 orang). 

Materi pelatihan, meliputi :

  1. Produksi bersih/Eko-Efisensi; 
  2. Efisiensi dalam penggunaan bahan
  3. Praktek implementasi produksi bersih (Good house keeping; pembatikan tulis/cap; pelorodan; pengolahan limbah tepat guna dan penggunaan alat tepat guna)
  4. Kunjungan ke IKM Batik

Instruktur pada pelatihan ini merupakan tenaga ahli yang berasal dari Korea Selatan dan BBKB Yogyakarta.

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter