BERITA INDUSTRI

70 Persen Komponen Kapal Impor


Rabu, 28 Agustus 2013

Sumber : Jurnal Nasional

Jakarta - Industri komponen kapal di Indonesia masih belum bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Sebanyak 70 persen dari komponen kapal harus diimpor dari luar negeri.
Ketua Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (IPERINDO) Tjahjono Roesdianto menyebutkan komponen kapal yang masih diimpor dari luar negeri seperti mesin, baling-baling dan kabel kapal.
"Kami belum mempunyai pabrik mesin kapal, baling-baling, alat telekomunikasi. Marine cable saja tidak ada," kata Tjahjono dalam Konferensi Pers Pameran Maritim Indonesia atau Indonesia Maritime Expo (IME) 2013 di Jakarta, Selasa (27/8).
Nilai impor komponen kapal selama dua sampai tiga tahun belakangan mencapai US$50-U$60 juta dengan komponen paling mahal untuk mesin kapal karena spesifiknya mesin kapal.Tingginya nilai impor selama kurun waktu itu karena adanya kegairahan pembangunan kapal untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri seperti untuk Kementerian Perhubungan dan TNI.
Di tengah situasi melemahnya nilai mata uang rupiah terhadap dolar saat ini diakuinya cukup memberatkan pengusaha galangan kapal. Perusahaan mau tidak mau harus menerapkan strategi agar tetap bisa bertahan dari kondisi nilai rupiah yang fluktuatif tersebut.
"Kalau kami mulai membangun industri komponen dalam negeri, kekhawatiran akan fluktuasi bisa diatasi,"ujarnya.
Kasubdit Industri Bangunan Lepas Pantai dan Komponen Direktorat Industri Maritim Kedirgantaraan Alat Pertahanan Direktorat Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Afrida Suston Niar mengakui bahwa industri komponen kapal yang belum cukup membanggakan. Kekhasan industri maritim adalah salah satu faktor penyebabnya.
"Industri maritim tidak sama dengan industri manufaktur lain. Itulah sebabnya mengapa belum berkembang karena pembangunan kapal tidak sama dengan mass product," katanya.
Namun industri komponen kapal akan berkembang seiring dengan berkembangnya industri galangan kapal. Saat ini jumlah industri galangan kapal dari besar sampai kecil ada sebanyak 250 perusahaan. Nofrita

Share:

Twitter