KEGIATAN KEMENPERIN

Kerjasama Balai Besar Pulp dan Kertas dengan Perguruan Tinggi Korea Selatan


Rabu, 8 Mei 2013

Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understading - MoU) antara Balai Besar Pulp dan Kertas (BBPK) dan Badan Pengkajian Kebijakan Iklim dan Mutu Industri (BPKIMI) dengan Korea Technical Association of the Pulp and Paper Industry (K-TAPPI) dan Asosiasi Profesi Industri Pulp dan Kertas Korea pada tanggal 26 November 2012, Delegasi dari BBPK melakukan kunjungan ke Korea Selatan pada tanggal 22-26 April 2013.

Sebagai informasi, di dalam Nota Kesepahaman tersebut kedua pihak bersepakat untuk melaksanakan serangkaian kerjasama yang meliputi:

  1. Pertukaran Peneliti/Pengajar bidang kepakaran pulp dan kertas, dan ilmu terkait,
  2. Pertukaran Peneliti/Mahasiswa,
  3. Kerjasama proyek penelitian,
  4. Simposium, lokakarya, diseminasi hasil penelitian, dan lain-lain yang dianggap perlu.

Selama kunjungan, Delegasi BBPK mendapat kehormatan untuk menyampaikan presentasi pada Korea-TAPPI Spring Conference 2013. Konferensi ini merupakan acara regular tahunan yang kali ini dilaksanakan di Main Conference Hall, Universitas Kookmin.

Materi presentasi yang disampaikan berjudul "Kondisi Industri Pulp dan kertas (IPK) Indonesia dan Kebijakan Pemerintah" oleh Kepala BBPK Dr. Ngakan Timur Antara, dan "Pengembangan Kapasitas SDM IPK dan Peluang Kerjasama Alih Teknologi dengan Korea" yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi dan Alih Teknologi BBPK Posma R. Panggabean.

Pada kesempatan tersebut, BBPK juga berhasil memperluas kerjasama dengan perguruan tinggi di Korea Selatan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman dengan tiga universitas terkemuka setempat, yaitu Universitas Gyeongsang, Universitas Chungbuk, dan Universitas Kookmin. Hal ini merupakan langkah awal dan payung yang akan menaungi kerjasama lebih lanjut antara BBPK dan jejaring/networking industri Korea pada umumnya dan masyarakat profesi pulp dan kertas Korea pada khususnya.

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter