KEGIATAN KEMENPERIN

Pelatihan Teknologi Penyamakan Kulit di Balai Besar Kulit, Karet, dan Plastik Yogyakarta


Jumat, 23 Nopember 2012

Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP) Kementerian Perindustrian RI bekerjasama dengan The Italian Trade Comission (ITC) Jakarta; Association of Italian Manufacturers of footwear, Leather goods, Tannery Machines and Accessories (ASSOMAC) yang didukung oleh Internatonal Polytechnic For The Industrial and Economical Development (PISIE) Italia; dan Asosiasi Penyamak Kulit Indonesia (APKI) menyelenggarakan pelatihan dengan judul "Tanning Technology for Indonesian Tanning Industry" pada tanggal 19–23 Nopember 2012 di Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik, Yogyakarta.

Pelatihan dibuka secara resmi pada tanggal 19 Nopember 2012, oleh Dr. Massilimiliano P. Sponzili, Italian Trade Commissioner untuk Indonesia, Singapura dan Filipina dan didampingi oleh Kepala Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik, Bapak Ramelan Subagyo, M.Eng,Sc. Acara pembukaan  dihadiri oleh  Para Pejabat dari lingkungan Kementerian Perindustrian di Yogyakarta (BBKB, BDI, ATK dan SMTI), Perguruan Tinggi, Industri Penyamakan Kulit se-Jawa, Disperindagkop Kab Bantul, dan Dewan Pembina Lembaga Sertifikasi BBKKP, serta para pejabat eselon III dan IV di lingkungan BBKKP. 

Tujuan utama dari pelatihan yaitu untuk memberikan pengetahuan yang mutakhir mengenai teknologi penyamakan dan aspek-aspek yang berkaitan dengan praktek penyamakan yang dilakukan di industri kulit sehingga peserta dapat memperoleh pengetahuan dan ketrampilan yang akan meningkatkan kinerja mereka, yang pada akhirnya dapat meningkatkan perkembangan industri kulit di Indonesia. Dengan Pelatihan ini diharapkan pula untuk dapat mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Italia, serta mengembangkan jaringan diantara Industri kulit Indonesia dan Italia.

Pelatihan diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari 32 orang dari Industri penyamakan kulit se-Jawa, 4 orang dari BBKKP dan 4 orang dari Perguruan Tinggi. Adapun Instruktur berasal dari Italia yaitu Dr. Roberto Vago, seorang ahli dari Italia dari PISIE. 

Selama pelatihan, Dr. Roberto Vago, akan menyajikan secara lengkap mengenai pemrosesan penyamakan kulit yang fokus pada cara meningkatkan produktifitas, kapasitas dan kualitas kulit. Selama pelatihan peserta memperoleh informasi mutakhir mengenai Teknologi Penyamakan.

Selama lima hari pelatihan ini, para peserta mendapatkan pelajaran teori selama tiga hari didalam kelas dan pada dua hari terakhir diadakan kunjungan ke perusahaan-perusahaan penyamakan disekitar Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada kesempatan ini, ITC Jakarta juga akan menyelenggarakan Networking Reception dan percaya bahwa kegiatan ini akan lebih mempererat jaringan penyamakan Indonesia-Italia.

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter