KEGIATAN KEMENPERIN

Diseminasi Litbang Baristand Industri Palembang


Selasa, 13 Nopember 2012

Pada tanggal 8 November 2012, bertempat di Hotel Swarna Dwipa, Jl. Tasik No. 2, Palembang,  Baristand Industri Palembang mengadakan Kegiatan Diseminasi Litbang Industri dengan tema "Pengembangan Industri Hilir Berbasis Kompetensi Inti Daerah". Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Baristand Industri Palembang, Dr. Hari Adi Prasetya, M,Si, dihadiri oleh sekitar 50 peserta yang berasal dari instansi pemerintah, pelaku usaha, serta perguruan tinggi dan sekolah. 

Dari instansi pemerintah, hadir Balai Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Sumsel, Balai Penelitian Karet Sembawa, Balai Penyuluh Pertanian, Dinas Perindagkop Provinsi Sumel, Dinas Perkebunan, serta Bappeda.

Sedangkan dari kalangan pelaku usaha hadir GAPKINDO, PT. Aneka Bumi Pratama (Perusahaan Crumb Rubber), PT. Sri Trang Lingga  (Perusahaan Crumb Rubber), PT. Badja Baru (Perusahaan Crumb Rubber), PT. Semen Baturaja, PT. Pupuk Sriwijaya, serta Beberapa Perajin tenun dan songket.

Adapun perguruan tinggi dan sekolah yang turut hadir adalah Teknik Kimia Universitas Sriwijaya, Politeknik Negeri Universitas Sriwijaya, dan SMK Kimia Yanitas Palembang.

Hasil litbang Baristand Industri Palembang yang dipaparkan pada kesempatan ini antara lain:

  1. Penggunaan beberapa Jenis Alat Tenun dalam Pembuatan Kain Songket Palembang (Luftinor, S.Teks)
  2. Prototype Alat Celup Benang Tenun Tradisional (Eni Effendri, ST)
  3. Pemanfaatan Minyak Biji Karet sebagai Bahan Pelunak dalam Pembuatan Kompon Karet (Rahmaniar, ST, M.Si)
  4. Teknologi Pengolah Lateks Cair menjadi Karet Busa Pencuci Piring (Dra. Chasri Nurhayati)

Dari sesi tanya jawab terlihat adanya animo yang cukup besar dari para peserta terhadap hasil litbang Baristand Industri Palembang.

 

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter