KEGIATAN KEMENPERIN

Diklat Teknologi Pengolahan Makanan di BDI Regional IV Yogyakarta


Kamis, 8 Nopember 2012

Dalam rangka penganekaragaman konsumsi pangan sebagai salah satu hal pokok dalam pemantapan ketahanan pangan di Indonesia, pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijakan yang mendorong masyarakat untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Hal tersebut antara lain dituangkan dalam Peraturan Pemerintah No. 69 tahun 2002, yang menyatakan bahwa yang dimaksud dengan penganekaragaman pangan adalah upaya peningkatan konsumsi aneka pangan dengan prinsip gizi seimbang.

Selain itu pemerintah juga mengeluarkan Peraturan Presiden No. 22 tahun 2009 tentang Kebijakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumberdaya Lokal. Pangan lokal adalah pangan, baik sumber karbohidrat, protein, maupun vitamin dan mineral, yang diproduksi dan dikembangkan sesuai dengan potensi sumberdaya wilayah dan budaya setempat.

Sehubungan dengan hal tersebut, Balai Diklat Industri (BDI) Regional IV Yogyakarta mengadakan Diklat Teknologi Pengolahan Makanan sebagai wujud peran serta pemerintah dalam program pemberdayaan perempuan khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk mendukung ketahanan pangan, yang dilaksanakan di BDI Regional IV Yogyakarta, Jl. Gedongkuning 140-B Yogyakarta, selama 6 hari (29 Oktober 2012 s.d 3 November 2012) dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Sebanyak 30 orang wanita peserta diklat yang berasal dari wilayah propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sangat antusias mengikuti jalannya diklat dibawah bimbingan dan arahan tim instruktur dari SMKN 1 Temanggung, Jawa Tengah. Selain diajarkan teori pembuatan makanan, praktik pembuatan makanan dan pengemasan, peserta juga diikutsertakan dalam orientasi lapangan ke tempat industri pengolahan makanan berbahan dasar ketela di Yogyakarta. Peserta tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, selain dapat berinteraksi langsung dengan pihak manajemen, mereka juga melakukan praktik langsung di lokasi.

Tak hanya itu, hasil praktik peserta selama mengikuti diklat dinilai oleh tim instruktur dan panitia dari BDI Yogyakarta pada hari terakhir. Adapun karya terbaik mendapatkan bingkisan dari panitia. Dengan demikian genap sudah 52 JPL paket kurikulum Diklat Teknologi Pengolahan Makanan dijalani oleh keseluruhan peserta dengan hasil yang nyata. (Aris W)

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter