KEGIATAN KEMENPERIN

Diklat Untuk Perajin Rotan di Kalimantan


Selasa, 1 Mei 2012

Secara marathon, BDI Regional IV Yogyakarta menyelenggarakan Diklat Pengembangan Desain Produk Rotan di dua tempat yang berbeda, yakni di Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat pada tanggal 27 Februari sampai 3 Maret 2012 dan di Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 26-31 Maret 2012.

Pelatihan kali ditujukan bagi perajin rotan yang sebelumnya sudah mengikuti pelatihan serupa namun masih dalam tingkatan dasar. Dengan mengikuti pelatihan tingkat lanjut ini, para peserta diharapkan memiliki keberanian berinovasi dan tambahan wawasan bahwa produk rotan dapat dibuat dalam bentuk yang beraneka ragam dengan kualitas yang unggul. Selama 6 hari, peserta didampingi langsung oleh instruktur yang berpengalaman untuk melakukan praktik pembuatan aneka produk kerajinan rotan.

Kabupaten Katingan dipilih sebagai lokasi diklat karena produksi rotannya yang melimpah. Potensi tersebut harus dioptimalkan daya gunanya agar mampu memberikan nilai tambah. Selama ini, rotan hanya dipetik, dihaluskan dan dijual langsung kepada pengepul, sehingga pemanfaatannya terasa masih kurang. Hal ini juga disampaikan oleh Kepala Dinas Perindag Kab. Katingan, Punding Timbung, SE di sela-sela pembukaan Diklat Pengembangan Desain Produk Rotan di Kabupaten Katingan. Acara ini dibuka oleh Asek II dan dihadiri pula oleh Ketua Dekranasda dan pimpinan dari Bank Indonesia Kalimantan Tengah, sebagai pihak yang juga berkomitmen penuh untuk membina UMKM dalam kaitannya dengan program Corporate Social Responsibility (CSR).

Sumber: Website Balai Diklat Industri Yogyakarta

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter