KEGIATAN KEMENPERIN

Menperin MS. Hidayat Tatap Muka dengan Para Pengusaha Industri Motor Merek Nasional


Rabu, 4 April 2012

JAKARTA— Menteri Perindustrian RI Mohamad S. Hidayat didampingi Sekjen Ansari Bukhari dan Dirjen IUBTT Budi Darmadi melakukan tatap muka dengan para pengusaha industri motor merek Nasional pada 3 April 2012 di Kemenperin.

Beberapa prinsipal mobil lokal hadir dalam tatap muka tersebut, diantaranya, PT Super Gasindo Jaya, pemegang merek Tawon, PT Inka (Gea), PT Triagle Motor (Viar), PT Maha Era Motor (Mahator), PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), PT Kaisar Motor Indonesia (Kaisar), dan PT Fin Komodo (Komodo), PT Sarimas Ahmadi Pratama (Mobira), dan PT Askarindo Mobilindo (Truck).

Dalam tatap muka tersebut didiskusikan perkembangan mobil merek nasional terkini, selain itu juga dibicarakan kerjasama pemerintah dan para produsen mobil lokal untuk membentuk tim kerja yang akan menyusun platform mobil produksi prinsipal lokal. Platform itu diharapkan dapat memacu efisiensi, mengembangkan desain, dan menciptakan kemandirian teknologi. Nantinya tim tersebut akan mengidentifikasi, persoalan teknis terutama yang berkaitan dengan sistem suspensi dan dimensi mobil (undercarriage).

Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi mengatakan bahwa tidak adanya platform yang sama, setiap perusahaan memproduksi beragam varian. Sehingga, biaya produksi membengkak.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ketua Gabungan Asosiasi Perusahaan Pengerjaan Logam dan Mesin Indonesia (Gamma) Dasep Ahmadi mengatakan, platform itu akan mengefektifkan kerjasama masing-masing prinsipal dalam mengaplikasi spesifikasi teknologinya. Misalnya, power train, undercarriage, desain, komponen, serta aksesoris.*** (puskom-yi)

Share:

Kegiatan Lainnya  

Twitter