ARTIKEL PENDIDIKAN

Tingkatkan Keterampilan Membatik, BDI Jakarta Gelar Pelatihan di Banyumas


Selasa, 2 Maret 2021

Dalam upaya meningkatkan keterampilan membatik di Kab. Banyumas, Kementerian Perindustrian melalui Balai Diklat Industri Jakarta, menyelenggarakan pelatihan membatik di Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Pelatihan membatik ini dimulai sejak hari Senin, 8 Februari 2021 sampai dengan Senin, 1 Maret 2021. Pelatihan kewirausahaan berbasis kejuruan membatik ini diikuti oleh 50 pemuda-pemudi yang berperan aktif dalam dunia kewirausahaan.

Pelatihan membatik ini telah resmi ditutup oleh Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono. Dalam sambutannya, Wakil Bupati Banyumas mengatakan bahwa pelatihan semacam ini dapat ditindaklanjuti dengan menempatkan hasil-hasil produksi pada showroom di tempat wisata di Kabupaten Banyumas sebagai oleh-oleh khas Banyumas. “Dengan adanya pelatihan membatik ini, diharapkan tidak hanya berhenti sampai proses membatik saja tetapi juga proses pemasaran yang bisa melalui showroom atau tempat oleh-oleh,” tegas Sadewo.




Sesuai dengan Peraturan Menteri Perindustrian nomor 40 tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pendidikan Dan Pelatihan Industri., BDI Jakarta telah melaksanakan pelatihan membatik di berbagai daerah. Bagas N. Wibowo, widyaiswara Kementerian Perindustian yang mewakili BDI Jakarta pada penutupan diklat hari Senin, 1 Maret 2021 menyampaikan bahwa pelatihan ini dilaksanakan setiap tahun sesuai dengan tupoksi Balai Diklat Industri Jakarta. Pelatihan yang diselenggarakan di berbagai daerah tersebut disesuaikan dengan karakter atau potensi budaya daerahnya masing-masing.

“Pelatihan ini merupakan pelatihan angkatan ke 5. Pelatihan ini kami adakan setiap tahun dan dilaksanakan di berbagai daerah yang berbeda-beda. Dan tentunya pelatihan ini disesuaikan dengan karakter atau potensi budaya yang ada di daerah tersebut,” Kata Wiwo.




Sementara itu salah seorang peserta pelatihan Intan, mengatakan, adanya pelatihan membatik ini sangat membantu untuk mengembangkan kemampuan diri. Dan mudah-mudahan pelatihan seperti ini terus berlanjut setiap tahunnya.

“Pelatihan ini sangat bagus untuk mengembangkan kemampuan diri, nantinya ketika ingin berwirausaha mandiri sudah ada kemampuan yang dibawa,” ujar Intan




Share:

Twitter