BERITA INDUSTRI

Rl-Singapura Jajaki Kerja Sama Vokasi Industri


Senin, 27 Maret 2017

Sumber : Republika (27/03/2017)

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sedang menjajaki kerja sama dengan institusi pendidikan di Singapura untuk mengembangkan program pendidikan vokasi industri. Terobosan ini akan diterapkan dalam kurikulum sekolah menengah kejuruan (SMK) dengan pola dual system.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia perlu langkah cepat dan tepat untuk mencetak surnber daya manusia di sektor industri. Untuk itu, Kemenperin mulai menyusun program link and match antara SMK dengan industri serta mendirikan sekolah-sekolah baru dengan desain khusus.

Bentuk kerja sama potensial kedua negara yang akan dilakukan, antara lain, pengembangan sistem pendidikan vokasi dengan konsep dual system, yakni pendekatan pendidikan yang tidak hanya belajarteori, tetapijuga lebih menekankan pada praktik lapangan.

"Selain itu, perluasan akses dan kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk pemagangan pada perusahaan industri di Singapura," kata Airlangga melalui keterang'an tertulis, Ahad (26/3).

Share:

Twitter