SIARAN PERS

Menperin: Gaya Hidup Dorong Industri Kopi Tumbuh


Sabtu, 28 Mei 2016

SIDOARJO. Perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia dan pertumbuhan kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7 persen per tahun.

 

Sedangkan penjualan ke pasar luar negeri, ekspor produk kopi olahan tahun 2015 lebih manis lagi. Pada 2015, ekspor kopi olahan tercatat USD 356,79 juta alias meningkat 8 persen dibanding tahun sebelumnya. Ekspor produk kopi olahan didominasi produk kopi instan, ekstrak, esens dan konsentrat kopi yang tersebar ke negara tujuan ekspor seperti Filipina, Malaysia, Thailand, Singapura, RRC, dan Uni Emirat Arab.

 

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengungkapkan hal itu saat mengunjungi pabrik kopi olahan PT Santos Jaya Abadi di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (27/5/2016). “Gaya hidup mendorong volume dan pola konsumsi. Pemilik pabrik terus merilis produk terbaru. Yang untung petani dan pengolah kopi. Sedangkan konsumen seperti dimanjakan oleh banyaknya pilihan,” ujarnya.

 

Secara khusus, Menperin juga mengapresiasi para barista dan pemilik kedai kopi skala kecil, menengah hingga besar yang dengan kreativitasnya terus melahirkan menu-menu anyar.

 

“Kopi, di tangan anak muda, menjadi industri kreatif. Dari produknya hingga iklan dan desain kafe, semuanya menjadi bernuansa segar dan ‘muda’. Saya juga salut pada barista yang menyajikan menu kopi berbasis kopi khas Indonesia karena turut mempromosikan kopi Tanah Air,” ujar Saleh. 

 

Ada belasan kopi specialty kita yang telah dikenal di dunia, termasuk Luwak Coffee, dengan rasa dan aroma khas sesuai indikasi geografis yang menjadi keunggulan Indonesia. Saat ini sudah ada 12 kopi Indonesia yang telah mempunyai indikasi geografis yaitu Kopi Arabika Gayo, Sumatera Arabika Simalungun Utara, Robusta Lampung, Arabika Java Preanger, Java Arabika Sindoro-Sumbing, Arabika Ijen Raung, Arabika Kintamani Bali, Arabika Kalosi Enrekang, Arabika Toraja, Arabika Flores Bajawa, Liberika Tungkal Jambi dan Kopi Robusta Semendo asal Sumatera Selatan.

 

Dari sisi produksi kopi, Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia setelah Brasil,  Vietnam dan Kolombia dengan produksi rata-rata sebesar 685 ribu ton pertahun atau 8,9 persen dari produksi kopi dunia. 

 

Guna memacu industri pengolahan kopi, lanjut Saleh, Kementerian Perindustrian telah memfasilitasi melalui beberapa kebijakan yaitu industri pengolahan kopi masuk dalam industri pangan dan prioritas untuk dikembangkan (PP No.14 Tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional 2015-2035) pada 5 tahun kedua (2020-2024); dan pemberian fasilitas pajak penghasilan (PP No.18 Tahun 2015) untuk investasi baru industri pengolahan kopi (KBLI 10761) di beberapa daerah di luar Jawa.

 

Berikutnya, harmonisasi tarif bea masuk (MFN) produk kopi olahan (kopi sangrai, kopi bubuk, kopi instan, kopi mix) dari 5 persen menjadi 20 persen melalui Peraturan Menteri Keuangan No.132 Tahun 2015. Harmonisasi tarif ini dimaksudkan untuk memberikan iklim berusaha yang kondusif bagi industri pengolahan kopi di dalam negeri ; memberlakukan Standar Nasional Indonesia (SNI) Kopi Instan secara wajib  yang mulai berlaku secara efektif pada tanggal 17 Januari 2016 sesuai Peraturan Menteri Perindustrian No. 87/M-IND/PER/10/2014.

 

Pengembangan industri kopi masih perlu ditingkatkan mengingat saat ini baru mampu menyerap sekitar 35% produksi kopi dalam negeri dan sisanya sebesar 65 persen masih diekspor dalam bentuk biji.  Apalagi, konsumsi kopi masyarakat Indonesia rata-rata baru mencapai 1,2 kg per kapita per tahun jauh dibawah negara – negara pengimpor kopi seperti USA 4,3 kg, Jepang 3,4 kg, Austria 7,6 kg,  Belgia 8,0 kg, Norwegia 10,6 Kg dan Finlandia 11,4 Kg per kapita per tahun.

 

DIVERSIFIKASI

 

Menyinggung produksi, Menperin meminta produsen kopi olahan seperti Santos Jaya Abadi melakukan diversifikasi produk kopi dan promosi sesuai dengan permintaan masyarakat konsumen Indonesia terutama dalam teknologi proses dan desain kemasan produk.

 

Diharapkan, konsumsi kopi masyarakat Indonesia meningkat seperti halnya yang dilakukan oleh negara Brasil sebagai produsen kopi utama dunia yang telah mampu meningkatkan konsumsi kopi domestiknya menjadi 6 Kg perkapita pertahun.

 

"Saya juga minta Santos dan pabrik-pabrik lain mengolah dan memasarkan kopi speciality, yang berindikasi geografis. Lantas menggunakan nama khas kopi menjadi bagian brand atau varian produknya, seperti Kapal Api Mandailing, Kapal Api Manggarai, Good Day Kopi Toraja," ujarnya mencontohkan.

 

Berdiri sejak 1927, Santos membangun industri pengolahan kopi terbesar di Indonesia dan memasarkan kopi bermerek Kapal Api, ABC, Good Day, Kapten, Ya, Fresco yang menguasai pangsa pasar terbesar untuk produk kopi olahan.

 

“Volume produksi yang besar efektif menciptakan lapangan kerja, menyerap bahan baku kopi petani kopi di Indonesia dan menyumbangkan devisa melalui ekspor produk olahan kopi,” ujar Menperin yang didampingi Direktur Industri Minuman, Hasil Tembakau, dan Bahan Penyegar Ditjen Industri Agro Kemenperin Willem Petrus Riwu.

 

Board of Commissioner PT Kapal Api Global, Santos Jaya Abadi group, Christeven Mergonoto mengatakan perseroan senantiasa turut mendorong pengembangan industri pengolahan kopi dan bakal terus melahirkan inovasi produk serta meningkatkan ekspor.

 

Geliat bisnis Santos terlihat dari kebutuhan bahan baku kopi yang terus bertambah saban tahun. Tahun 2013 sebanyak 82,8 ribu ton, 2014 menjadi 85,2 ribu ton dan sepanjang 2015 menembus 94,06 ribu ton.

 

"Optimisme kami juga ditopang pangsa pasar grup Santos yang mencapai 60 persen. Penjualan tidak hanya ke domestik, tetapi juga ke luar negeri," ujarnya. Nilai pemasaran dalam negeri Santos mencapai Rp 10,75 triliun dan ekspor USD 15,35 juta atau Rp 207 miliar dengan asumsi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS Rp 13.500.

 

Pada tahun 2015, realisasi produksi kopi bubuk dan mix tercatat 374,67 ton yang dihasilkan oleh tiga pabrik. Lokasi pabrik berada di Karawang (1 unit) dan Sidoarjo (2 unit). Total nilai investasi Santos sekira Rp 4,27 triliun.

Demikian siaran pers ini untuk disebarluaskan.

Share:

Twitter