KEGIATAN KEMENPERIN

Kemenperin Gelar Pameran Furniture dan Produk Interior


Selasa, 3 Nopember 2015

Kementerian Perindustrian menggelar pameran Furniture dan Produk Interior. Pameran ini merupakan salah satu  upaya Kementerian Perindustrian untuk menumbuhkan kesadaran berinovasi bagi para pelaku industri furniture sehingga mampu menciptakan karya kreatif namun tetap dengan inspirasi budaya lokal yang dapat menyesuaikan selera pasar dalam negeri maupun ekspor.


Pameran diselenggarakan selama empat hari, pada tanggal 3 – 6 November 2015 dan dibuka untuk umum mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB, diikuti sebanyak 22 perusahaan dan instansi yang terdiri atas 18 peserta industri furniture dan kerajinan serta 4 peserta non-industri yang terdiri dari LSM, pemerintah daerah, serta himpunan desainer furniture. Peserta dari sentra-sentra industri diantaranya berasal dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, sedangkan peserta dari daerah sentra bahan baku adalah dari Kota Palu, Sulawesi Tengah.


Tantanganke depan yang harus dihadapai para pelaku industri nasional adalah pemberlakuan Asean Economic Community (AEC) pada akhir tahun 2015. Dalam hal ini, Kementerian Perindustrian telah melakukan berbagai upaya strategis untuk mengantisipasi pemberlakuan AEC, antara lain melalui penyusunan dan implementasi SNI terhadap komoditi furniture dan kerajinan; penerapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sebagai rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan/atau keahlian; serta melaksanakan kegiatan pelatihan-pelatihan dalam rangka mengembangkan kemampuan SDM para pengrajin furniture dan kerajinan.Kementerian Perindustrian secara berkelanjutan juga telah melaksanakan berbagai kegiatan promosi untuk mempopulerkan furniture di tingkat nasional maupun internasional di beberapa negara Eropa, Amerika dan Asia.


Pada pembukaan pameran tersebut juga dilaksanakanpenganugerahan dan penyerahan sertifikat kepada pemenang Lomba Desain Furniture – Indonesia Furniture Design Award (IFDA) tahun 2015. IFDA merupakan kompetisi desain furniture tingkat nasional yang telah dimulai sejak tahun 2007 dengan tujuan dapat terciptanya karya-karya desain furniture terbaru yang memenuhi selera pasar namun tetap bercirikan Indonesia.


IFDA 2015 diikuti sebanyak 175 peserta dari seluruh Indonesia yang telah melalui seleksi tim dewan juri dan telah ditetapkan 4 pemenang dengan kategori: Platinum Prize (Juara 1), Gold Prize (Juara 2), Silver Prize (Juara 3), serta The Most Creative (Juara 4).



Share:

Kegiatan Lainnya  

Twitter