KEGIATAN KEMENPERIN

Menperin Resmikan Seminar dan Pameran Hari Listrik Nasional Ke-70


Selasa, 3 Nopember 2015

Menteri Perindustrian Saleh Husin menghadiri acara pembukaan Seminar dan Pameran dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional ke-70 di Indonesia Convention Exhibiton (ICE) BSD, Tangerang, Banten (03/11/2015). Pada kesempatan tersebut, Menperin bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakirisecara simbolis menekan layar sentuh tanda peresmian Seminar dan Pameran yang mengusung tema "Kedaulatan Energi Nasional Untuk Pembangunan Berkelanjutan".


Bersama ketiga menteri itu, turut juga meresmikan yaitu Dirut PLN selaku Ketua Dewan Pembina Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) Sofyan Basyir, Ketua Bidang Seminar Hari Listrik Nasional Ke-70 Saiful Bahri, Ketua Umum MKI Supangkat Iwan Santoso dan Ketua Panitia Pelaksana Hari Listrik Nasional Ke-70 Sri Andini.


Pameran ini diselenggarakan selama tiga hari, tanggal 2 – 5 November 2015 dengan diikuti sebanyak 48 peserta yang terdiri dari perusahaan terkemuka bidang energi dan ketenagalistrikan, asosiasi terkait, serta perguruan tinggi.


Dalam pameran tersebut menampilkan kemampuan industri nasional, kompetensi SDM, dan efisiensi teknologi terkini dalam rangka membangun kemitraan jangka panjang bagi para pelaku industri di tanah air dan menunjang perkembangan kemajuan industri ketenagalistrikan dalam negeri di masa depan.


Sementara itu, seminar berlangsung selama dua hari, tanggal 3 – 4 November 2015 dengan diikuti sebanyak 500 peserta yang berasal dari semua pemangku kepentingan ketenagalistrikan yang berkiprah di Indonesia, baik pemerintah, swasta, maupun akademisi yang terdiri dari jajaran eksekutif, pimpinan industri, profesional dan personil teknik dari seluruh Indonesia.


Pada acara pembukaan, Menperin bersama Menteri ESDM dan Menteri Ketenagakerjaan mamaparkan berbagai program di sektor masing-masing mengenai dukungan terhadap proyek pembangunan pembangkit listrik sebesar 35.000 Megawatt.


Program ini akan mempercepat pengembangan Power Plant, Transmisi Lines, dan gardu dengan total investasi mencapai Rp 1,127 Triliun,” tegas Menperin. Ia juga menyampaikan, pemerintah akan mendukung dan mendorong produsen lokal dalam pengembangan infrastruktur listrik 35.000 MW. Dalam hal ini, Kemeperin telah memberikan beberapa fasilitas fiskal dan non fiskal.


“Dalam rangka untuk menarik investasi di industri listrik, kami akan memfasilitasi investor untuk mendapatkan tax holiday dan tax allowance,’’ ujar Menperin sekaligus berharap para produsen lokal di sektor kelistrikan dapat berpartisipasi secara optimal pada program 35.000 MW tersebut.



Share:

Kegiatan Lainnya  

Twitter