KEGIATAN KEMENPERIN

Kemenperin Gelar Pameran “Cahaya Timur Indonesia III”


Selasa, 20 Oktober 2015

Kementerian Perindustrian menggelar pameran “Cahaya Timur Indonesia III. Pameran ini merupakan salah satu upaya Kementerian Perindustrian untuk memfasilitasi, mengangkat dan mempromosikan produk-produk unggulan khas daerah, khususnyabagi produk IKM di wilayah Timur Indonesia.


Pameran ini diselenggarakan selama empat hari, tanggal 20 – 23 Oktober 2015 dan dibuka untuk umum pukul 09.00 – 17.00 WIB, diikuti para pengrajin IKMyang berasal dari berbagai provinsi di wilayah timur Indonesia, antara lain Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. Produk-produk yang akan ditampilkan, diantaranya kerajinan batok kelapa, batik, tenun, kerajinan perak, kerajinan cukli, kerajinan kerang, perhiasan, serta aneka produk makanan dari coklat, rumput laut, markisa dan lain-lain.


Menperin memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi sehingga pameran ini dapat terselenggara dengan baik.Diharapkan, melalui pameran ini, seluruh stakeholderkhususnyadi Wilayah Timur Indonesia dapat lebih berpartisipasi secara aktif gunamenggalang persatuan kesatuan nasional, melestarikan, melindungi, mengembangkan, dan memasyarakatkan produk unggulan dariTimur Indonesia sebagai warisan budaya bangsa.


Kementerian Perindustrian juga mempunyai rancangan program yang telah dilaksanakanuntuk pengembangan produk IKM yang potensional di Indonesia khususnya wilayah Timur Indonesia, yaknimelalui program pengembangan IKM dengan pendekatan OVOP (One Village One Product) dan Klaster Industri, melalui penguatankelembagaan, restrukturisasi mesin peralatan, penguatan keterkaitan dengan para stakeholder, serta promosi/pemasaran baik di dalam maupun di luar negeri.



Share:

Kegiatan Lainnya  

Twitter