KEGIATAN KEMENPERIN

Menperin Resmikan Fashion Show “Beginning Ethical Fashion” di JFW 2016


Senin, 26 Oktober 2015

 

Menteri Perindustri Saleh Husin meresmikan  pembukaan fashion show “Beginning Ethical Fashion” pada Jakarta Fashion Week (JFW) 2016, di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (26/10/2015). Pada acara tersebut, menperin didampingi DirjenIndustri Kecil dan Menengah Kemenperin Euis Saedah.

 

Dalam sambutannya, Menperin menegaskan industri fesyen terus didorong untuk menerapkan konsep ramah lingkungan dalam aktivitas produksinya. Praktek ini lebih dikenal sebagai ethical fashion yaitu pendekatan desain dan dan pembuatan pakaian bermanfaat bagi masyarakat dan sekaligus meminimalkan dampak terhadap lingkungan. Pendekatan ini juga dapat digandengkan dengan fesyen berkelanjutan (green fashion) dalam pelaksanaannya.

 

"Green fashion ini sebenarnya sudah Indonesia banget. Kita sudah melakukan dan tinggal kita konsisten serta mengemasnya untuk memperkuat brand fesyen Indonesia ketika dipasarkan ke pasar domestik dan global," tegas Menperin.

 

Pemerintah juga mengapresiasi para desainer yang bekerja sama dan memberdayakan IKM produsen bahan baku tekstil dan asesoris. Menurut Euis, kemitraan ini efektif melestarikan budaya, menjaga pola produksi ramah lingkungan dan sekaligus menyejahterakan pelaku industri kecil.

 

Pada kesempatan tersebut, selain menyaksikan peragaan busana, Menperin juga sempat meninjau berbagai stand di JFW 2016 yang menampilkan produk-produk fesyen dalam negeri. Desain dari produk-produk tersebut tak kalah dari produk impor bahkan sudah ada yang bekerjasama dengan brand luar negeri.

 

Salah satu produk lokal yang ditunjukkan oleh Menperin adalah hasil karya Designer Merdi Sihombing berupa pakaian autumn winter dengan motif ombak laut yang menggunakan pewarnaan alam seperti rumput laut dan damar merah yang merupakan tanaman endemik asal Rote, Nusa Tenggara Timur.

Share:

Kegiatan Lainnya  

Twitter