KEGIATAN KEMENPERIN

Menperin Hadiri Gala Dinner Peresmian Pembangunan Pabrik PT. SGMW Motor Indonesia


Kamis, 20 Agustus 2015

 


Menteri Perindustrian Saleh Husin didampingi Dirjen ILMATE I Gusti Putu Suryawirawan bersama Wakil Presiden PT. SGMW Mr. Yuan Zhijun, serta Presiden PT. SGMW Motor Indonesia Mr. Xu Feiyun, melakukan Gala Dinner Peresmian Pembangunan Pabrik PT. SGMW Motor Indonesia di Jakarta, 20 Agustus 2015. Menperin memberikan sambutan pada acara Gala Dinner peresmian pembangunan pabrik PT. SGMW Motor Indonesia tersebut. 


            SGMW berencana membangun pabrik senilai USD700 juta di kawasan industri Delta Mas, Cikarang, Jawa barat, dengan target mulai produksi pada 2017. Rencananya, fasilitas produksi perusahaan akan menempati lahan seluas sekitar 60 hektare (ha). SGMW juga akan membangun pabrik komponen berdekatan dengan assembly line. 


            Sebelumnya Menperin mengatakan, pihaknya terus meminta para pabrikan automotif agar industri komponen dalam negeri betul-betul diperhatikan. Industri automotif di negara tetangga seperti Thailand bisa lebih maju karena industri komponen juga dikembangkan. Beliau juga meminta kepada principal agar komponen diproduksi di Indonesia. 


            Menurutnya, jika ingin membangun pabrik di Indonesia, tentu dengan syarat bermitra dengan industri di dalam negeri, sehingga industri dalam negeri ikut berkembang juga. Saat ini industri pendukung juga sedang dikembangkan, antara lain oleh Nippon Steel dan Krakatau Steel, yang memproduksi baja untuk keperluan automotif. 


            Saleh Husin juga mengatakan selama ini Indonesia masih impor karena belum bisa memproduksi lembaran baja untuk luarnya. Sekarang ini sedang dibangun pabriknya. Artinya, ke depannya TKDN akan lebih besar. Ini yang terus didorong sehingga industri komponen di dalam negeri bisa tumbuh.



Share:

Kegiatan Lainnya  

Twitter