KEGIATAN KEMENPERIN

Kunjungan Kerja Menteri Perindustrian Saleh husin di Solo - Jawa Tengah


Kamis, 11 Juni 2015

 

Menteri Perindustrian Saleh Husin melakukan kunjungan kerja ke Solo, Jawa Tengah, Kamis (11/6). Kunjungan kerja Menperin tersebut guna meninjau langsung kondisi terkini dan kesiapan dari industri tekstil dan furniture nasional sebagai sektor strategis dalam menghadapi pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir 2015.

 

Pada kunjungan pertamanya, Menperin menyambangi PT Rakabu Sejahtera di Sragen, Solo Raya, Jawa Tengah. Perusahaan ini merupakan salah satu produsen mebel yang berlokasi di Kawasan Industri Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo).

 

Menperin mengatakan, industri furniture merupakan salah satu industri berbasis kayu/rotan yang memiliki nilai tambah tinggi dan menyerap banyak tenaga kerja serta memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap perekonomian, baik dalam bentuk kontribusi pada PDB maupun dalam perolehan devisa (ekspor). Negara utama tujuan ekspor furniture Indonesia adalah Amerika Serikat, Perancis, Jepang, Inggris dan Belanda.

 

Daya saing furniture dan kerajinan Indonesia terletak pada sumber bahan baku alami yang melimpah dan berkelanjutan, keragaman corak desain yang berciri khas lokal serta didukung oleh SDM yang melimpah,” tegas Menperin.

 

Selanjutnya Menperin melanjutkan kunjungan ke PT Rayon Utama Makmur (RUM) di Sukoharjo, Jawa Tengah. RUM merupakan anak perusahaan PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex) yang berlokasi di Plesan, Nguter, Sukoharjo, sekitar 15 km dari Kota Surakarta. Serat rayon (kapas sintetik) ini untuk memasok kebutuhan lini bisnis utama Sritex yaitu garmen.
Menurut Menperin, produksi rayon melengkapi alur industri garmen dari hulu ke hilir. Apalagi, Sritex bakal memiliki perkebunan eucalyptus sendiri di Kalimantan sebagai bahan baku pulp yang selanjutnya diolah menjadi rayon..

 

 

 

Share:

Kegiatan Lainnya  

Twitter