KEGIATAN KEMENPERIN

Kunjungan Kerja Menteri Perindustrian di Lombok, Nusa Tenggara Barat


Jumat, 5 Juni 2015

Menteri Perindustrian Saleh Husin melakukan kunjungan kerja ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (5/6). Pada kunker tersebut, Menperin yang didampingi Ibu Andresca Saleh Huisn, Seditjen IKM Busharmaidi, Direktur IKM Wilayah III Endang Suwartini, dan Kepala Dinas Perindag Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Chusni Fahri meninjau berbagai produk unggulan IKM daerah setempat.


Ketika di Showroom Dekranasda Provinsi NTB, Menperin sempat memperhatikan kerajinan tanah liat (gerabah), tudung saji yang terbuat dari anyaman rumput ketak, dan batu akik “Kecubung Wulung”.


Selain itu, Menperin juga sempat mendengarkan penjelasan dari Ketua Koperasi Tenun Tradisional Patuh, Bapak Amin mengenai perbedaan tenun sasak dan tenun ikat lombok di lokasi IKM Tenun Sukarare Lombok, NTB.


Kepada wartawan, Menperin mengatakan pihaknya terus mengupayakan agar IKM penghasil tenun asli tanah air memiliki brand tersendiri. " Indonesia perlu penguatan branding untuk menembus pasar global, jadi tidak hanya dijual ke pasar lokal. Sehingga produk kita punya ciri khas tersendiri," tuturnya.


Dengan brand yang kuat, Menperin mengharapkan IKM tenun tidak hanya mampu mempertahankan kebudayaannya, namun juga berpotensi meningkatkan nilai tambah dari produk tersebut.


Selanjutnya, Menperin juga meninjau Kelompok Kerajinan Anyaman Ketak, Dusun Nyur Baye Gawah, Desa Batu Mekar, Nusa Tenggara Barat. Selain memperhatikan berbagai produk kerajinan anyaman ketak, Menperin juga menyempatkan untuk berdialog dan berfoto bersama dengan para perajin di Mawar Art Shop milik Bapak Suhartono.



Share:

Kegiatan Lainnya  

Twitter