KEGIATAN KEMENPERIN

Menperin Hadiri acara Penyerapan Garam Lokal Jawa Timur oleh AIPGI di Sampang, Madura


Sabtu, 18 April 2015

 Menteri Perindustrian menghadiri acara penyerapan garam lokal Jawa Timur oleh Asosiasi Industri Pengguna Garam Indonesia (AIPGI) di Sampang, Jawa Timur, Sabtu (18/4). Selain memberikan sambutan, pada kesempatan tersebut. Menperin menyaksikan penandatanganan kontrak kerjasama anatar petani garam dengan 7 produsen pengguna garam lokal yang tergabung dalam AIPGI serta memecahkan kendi sebagai simbolis pelepasan garam lokal dari petani garam kepada produsen garam di Sampang-Madura.

Dalam sambutannya, Menperin memberikan apresiasi kepada Asosiasi Industri Pengguna Garam Indonesia (AIPGI) atas upayanya dalam penyerapan garam lokal yang tentunya membawa dampak positif bagi para petani nasional sekaligus mendukung program Pemerintah.

”Sebagai mitra Pemerintah dalam pengembangan industri pegaraman di Indonesia, saya mengucapkan terima kasih dan selamat kepada pengurus AIPGI atas terlaksananya acara penyerapan garam lokal tahap I yang diharapkan dapat dilanjutkan pada tahap selanjutnya di provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat, karena upaya tersebut mampu mendukung program Pemerintah dalam pengembangan serta penyerapan garam lokal,” kata Menperin.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan garam nasional, Menperin menegaskan, pemerintah telah mencanangkan program intensifikasi dan ekstensifikasi lahan pegaraman.

Pada program intensifikasi akan dilakukan optimalisasi lahan pegaraman yang ada (eksisting) melalui: (1) Penataan lahan, waduk penampungan, lahan penguapan dan meja pegaraman; (2) Perbaikan saluran primer termasuk pintu air laut masuk, saluran sekunder ke kolam penguapan dan saluran tersier ke meja garam; dan (3) Pengadaan alat pencucian dan iyodisasi

Sementara itu, program ekstensifikasi merupakan program pemanfaatan lahan-lahan potensi dan belum dikelola secara optimal. Salah satunya di propinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki lahan sangat luas dan musim kemarau yang sangat panjang sekitar 7-8 bulan.

Menperin mengharapkan kepada AIPGI agar dapat terus berperan mendukung program Pemerintah dalam pengembangan industri pegaraman nasional, antara lain melalui: peningkatan kualitas dan kuantitas garam lokal, peningkatan produktivitas garam di lahan pegaraman petani, melakukankemitraan dengan petani garam, serta melakukan penyerapan garam lokal dalam rangka pengembangan garam nasional.

 

Share:

Kegiatan Lainnya  

Twitter