BERITA INDUSTRI

Eksportir Kakao Aceh Lirik Pasar Malaysia


Selasa, 8 Desember 2009

Kapanlagi.com - Eksportir kakao Aceh kini mulai melirik pasar Malaysia menyusul adanya perusahaan kapal kontainer yang akan membuka pelayaran langsung ke negara itu melalui pelabuhan Krueng Geukueh, Kabupaten Aceh Utara.

Eksportir kakao Aceh, Hamzah Abdulah di Banda Aceh, Selasa menyatakan, dengan adanya kapal kontainer yang akan melayani pelayaran dari Aceh ke Penang, Malaysia, maka berpeluang untuk memasarkan biji kakao ke negara tersebut.

Disebutkannya, selama ini ekspor kakao ke Amerika Serikat melalui pelabuhan Belawan, Medan, Sumatra Utara.

"Dengan adanya transportasi langsung ke Malaysia, kita akan coba mengekspor ke negara tersebut, sekaligus mencari pangsa pasar baru untuk komoditas kakao Aceh," katanya.

Hamzah yang juga Ketua Forum Kakao Aceh (FKA) itu menyatakan, pihaknya menargetkan 500 ton biji kakao diekspor ke Malaysia, yang akan dilakukan secara bertahap.

"Pada tahap pertama kita akan kirim 100 ton. Apabila pihak buyer (pembeli) di sana tertarik dengan kakao Aceh, maka kerja sama akan terus dilanjutkan," katanya.

Hamzah menyatakan, adanya pelayaran langsung ke luar negeri dari Aceh akan mengurangi ketergantungan pada pelabuhan Belawan. (ant/bar)

Sumber : kapanlagi.com



Share:

Twitter