KEGIATAN KEMENPERIN

Menperin Resmikan Penambahan Lini Produksi Coca-Cola Amatil Indonesia


Selasa, 31 Maret 2015

 

 

Menteri Perindustrian Saleh Husin meresmikan penambahan lini produksi Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) di Cikedokan, Bekasi, Selasa (31/3). Pada peresmian tersebut, dihadiri oleh Menteri Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Chairman and CEO The Coca-Cola Company, Muhtar Kent; Chairman of Coca-Cola Amatil, David Gonski; President Director Coca-Cola Indonesia, Martin Gil; dan President Director Coca-Cola Amatil Indonesia, Kadir Gunduz.

Saat ini, pabrik CCAI di Cikedokan yang berdiri di atas lahan seluas 10 ha telah memiliki lima lini produksi untuk minuman berkarbonasi, jus, dan isotonik. Menperin memberikan apresiasi kepada CCAI sebagai pelopor dalam industri minuman di Indonesia yang produknya telah dipasarkan secara langsung kepada lebih dari 500 ribu pelanggan ritel baik di daerah perkotaan maupun pedesaan.

Secara total, CCAI memiliki 9 pabrikyang tersebar di Cikedokan,Cibitung, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Medan, Padang, dan Lampung sertatelah beroperasi di 85 pusat distribusi di seluruh Indonesia. CCAI juga memiliki lebih dari 2.800 pemasok sumber bahan dasar minuman, jasa dan barangyang tidak terkait dengan produk.

Sebagai perusahaan PMA, nilai investasi CCAI telah mencapai USD 90 juta pada tahun 2014 dengan kapasitas produksi minuman ringan sebesar 67.774.022 liter/tahun dan mampu menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 12.000 orang (belum termasuk tenaga kerja tidak langsung seperti agen dan pengecer).

Bahkan, seiring dengan berkembangnya pasar Indonesia sebagai salah satu yang terpenting bagi rencana pengembangan bisnis Coca-Cola, maka The Coca-Cola Company kembali melakukan investasi di Indonesia senilai USD 500 juta. Investasi tersebut akan disuntikan melalui ekspansi pabrik, peningkatan kapasitas produksi, dan pengembangan sumber daya manusia sehingga diharapkan dapat mendorong pembangunan ekonomi nasional.

Oleh karena itu, Menperin menegaskan, pembangunan lini produksi CCAI di Cikedokan diharapkan dapat menjadi wahana pendorong bagi penambahan produk minuman nasional pada umumnya sekaligus melanjutkan pembangunan industri nasional sehingga makin handal di tahun-tahun yang akan datang.

 

Share:

Kegiatan Lainnya  

Twitter