KEGIATAN KEMENPERIN

Kunjungan Kerja Menperin di PT. Gudang Garam Tbk., Kediri


Jumat, 27 Maret 2015

Menteri Perindustrian Saleh Husin melakukan kunjungan kerja di PT. Gudang Garam Tbk., Kediri, Jumat (27/3). Kegiatan tersebut dilakukan Menperin dalam rangka mengawal dan memastikan bahwa industri prioritas nasional terus berkembang ke arah yang lebih baik sekaligus juga diharapkan dapat mengetahui berbagai kebutuhan yang dihadapi oleh dunia industri sebagai bahan pertimbangan bagi Pemerintah untuk mengambil kebijakan.


 


Pada kesempatan tersebut, Menperin menegaskan bahwa Pemerintah mendorong industri hasil tembakau agar mampu tumbuh dan berkembang sehingga dapat terus berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Namun demikian, sesuai Kebijakan Industri Nasional, pengembangan industri hasil tembakau harus tetap memperhatikan keseimbangan kesehatan, penyerapan tenaga kerja, dan penerimaan negara.


 


Bahkan upaya pengembangan sektor tersebut juga sesuai dengan visi dan misi Nawa Cita Kabinet Kerja, dimana kedaulatan pangan akan diupayakan seluas-luasnya dengan memanfaatkan sumber daya dalam negeri melalui pengembangan industri berbasis agro.


 


”Industri rokok merupakan kearifan lokal yang telah mampu bersaing dan bertahan menjadi industri dalam negeri yang memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional melalui penyerapan tenaga kerja dan kontribusi kepada pendapatan negara melalui cukai,” tegas Menperin.


 


Menperin menyatakan, peraturan terkait rokok semakin ketat baik di dalam negeri maupun internasional karena pertimbangan perlindungan konsumen dan kesehatan menjadi tantangan tersendiri bagi industri rokok. Selain itu, kenaikan cukai juga menjadi faktor yang mempengaruhi perkembangan industri rokok.Pemerintah terus berusaha untuk membuat kebijakan yang dapat diterima oleh semua pihak,” ujarnya.


 


Menperin menambahkan, perkembangan industri rokok telah menjadi bagian sejarah bangsa dan budaya masyarakat, khususnya rokok kretek yang merupakan komoditas berbasis tembakau yang sangat Indonesiadan merupakan warisan nenek moyang bangsa dan sudah mengakar secara turun temurun.



Share:

Kegiatan Lainnya  

Twitter