Jawaban Atas Pertanyaan Masyarakat

Pertanyaan disampaikan pada tanggal 14/06/2017 pukul 10:14 WIB:

Saya ingin bertanya beberapa hal

1. Definisi industri kecantikan dan industri kosmetik. Apakah keduanya merupakan industri yang berbeda atau saling berhubungan?
2. Apa saja syarat suatu bisnis dapat digolongkan ke dalam bisnis industri kecantikan atau industri kosmetik?
3. Berapa besar pertumbuhan kedua industri dan besar kontribusinya terhadap ekonomi negara?

Terima kasih.


Dijawab pada tanggal 14/06/2017 pukul 11:03 WIB:

1. Untuk pengelompokkan dan definisi yang digunakan dalam pembinaan industri biasanya menggunakan Kelompok Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) yang diterbitkan oleh BPS, yang mengadopsi International Standard Industrial Classification of All Economic Activities (ISIC) dan berlaku internasional.

Di dalam KBLI tersebut Industri kosmetik masuk dalam kelompok dengan kode KBLI 5 digitnya 20232, yaitu INDUSTRI BAHAN KOSMETIK DAN KOSMETIK, TERMASUK PASTA GIGI. adapun uraian dari kode KBLI 20323 tersebut adalah Kelompok ini mencakup usaha pembuatan bahan kosmetik dan kosmetik, seperti tata rias muka, preparat wangi-wangian atau parfum, preparat rambut seperti shampo, obat pengombak dan pelurus rambut, preparat kuku atau menikur dan pedikur, preparat perawat kulit seperti krim atau lotion pencegah terbakar sinar matahari dan krim atau lotion agar kulit terlihat cokelat setelah berjemur, preparat untuk kebersihan badan seperti deodorant, garam mandi dan obat untuk menghilangkan rambut, preparat cukur dan kosmetik tradisional. Termasuk pasta gigi dan preparat untuk menjaga higienitas, termasuk preparat pengkilap gigi dan perekat gigi. Industri bibit minyak wangi sintetis dan industri bermacam minyak atsiri masing-masing dimasukkan dalam kelompok 20115 dan 20294.

Kami lampirkan juga buku KBLI 2009 untuk mengecek lapangan usaha yang terkait dengan industri kosmteik, seperti pengepakan, jasa dan perdagangannya.

2. Terkait dengan pengelompokkan bisnis ada baiknya mengajukan ke pelaku bisnisnya atau asosianya, seperti Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (Perkosmi )

3. Terkait pertumbuhan dan kontribusinya, ada beberapa informasi terkait, di link berikut ini:
http://kemenperin.go.id/artikel/7297/Industri-Kosmetik-Diprediksi-Tumbuh-15
http://kemenperin.go.id/artikel/5897/Indonesia-Lahan-Subur-Industri-Kosmetik
http://cci-indonesia.com/2016/06/17/perkembangan-pasar-industri-kosmetik-di-indonesia-2010-2015/


Attachment:
- kbli 2009.pdf (1,54 MB)



Sumber: Direktorat Industri Kimia Hilir

Twitter