• 12 Juli 2018

    Industri Nasional Perlu Optimalkan Manfaat GSP dari AS

    Pemerintah mendorong industri nasional yang belum memanfaatkan skema generalized system of preferences (GSP) yang ditetapkan Amerika Serikat, agar dapat mengoptimalkannya. GSP merupakan kebijakan untuk memberikan keringanan bea masuk terhadap impor barang-barang tertentu dari negara-negara berkembang.
    “Jadi, produk-produk yang GSP-nya belum termanfaatkan, perlu kita sosialisasikan dan ...

    Read more
  • 11 Juli 2018

    Komisi VI DPR Setuju Kemenperin Tambah Anggaran Implementasi Industri 4.0

    Komisi VI DPR RI menyetujui usulan tambahan anggaran Kementerian Perindustrian sebesar Rp2,57 triliun untuk menindaklanjuti agenda nasional yang tertuang di dalam peta jalan Making Indonesia 4.0. Program strategis yang akan dilakukan Kemenperin, antara lain pengembangan terhadap lima sektor industri manufaktur yang menjadi pionir dalam penerapan revolusi industri keempat di Tanah ...

    Read more
  • 11 Juli 2018

    Hasil e-Smart IKM, Produsen Mesin Cuci di Semarang Raih Omzet Rp 200 Juta

    Industri kecil dan menengah (IKM) di dalam negeri memiliki cukup banyak potensi unggul, sehingga bisa bersaing dengan merek internasional. Salah satunya adalah IKM sektor logam, mesin, elektronika dan alat angkut (LMEA) di wilayah Jawa Tengah yang selama ini mendapatkan program pembinaan dari Kementerian Perindustrian melalaui DIrektorat Jenderal IKM.
    “Kami berkomitmen untuk terus fokus ...

    Read more
  • 10 Juli 2018

    Industri Farmasi, Kosmetik dan Jamu Didorong Manfaatkan Bahan Baku Alam

    Kementerian Perindustrian mendorong industri farmasi nasional untuk menciptakan produk biofarmasidengan memanfaatkan sumber bahan baku alam, mengingat potensi besar yang ada di dalam negeri.Upaya ini seiring dengan langkah strategis dalam menerapkan revolusi industri 4.0 di Indonesia sekaligusmengurangi ketergantungan terhadap bahan baku impor berbasis kimia.
    “Ke depan, biofarmasi akan ...

    Read more
  • 08 Juli 2018

    Jadi Pionir Industri 4.0, Kemenperin Fokus Kembangkan Sektor Kimia

    Kementerian Perindustrian semakin memacu pengembangan industri kimia di dalam negeri dengan mendorong pemanfaatan teknologi terbaru serta peningkatan kegiatan penelitian dan pengembangan. Upaya ini sesuai implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0 agar industri kimia lebih efisien, inovatif, dan produktif dalam memasuki era revolusi industri generasi keempat saat ini.
    “Pemerintah telah ...

    Read more
  • 06 Juli 2018

    Susu Kental Manis Aman Dikonsumsi, Industrinya Berkontribusi Bagi Ekonomi

    Kementerian Perindustrian menyatakan bahwa susu kental manis (SKM) merupakan produk yang aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat karena sudah sesuai standar dan mendapatkan izin edar. Produk SKM masih diperlukan sebagai tambahan atau pelengkap untuk berbagai sajian kuliner, seperti pada kopi, teh tarik, atau martabak manis.
    Direktur Jenderal Industri Agro, Panggah Susanto menjelaskan, SKM ...

    Read more


20 Januari 2018

Dorong Jumlah Wirausahawan Baru, Kemenperin SinergikanTaman Sains Dan Teknologi (STP) dengan Industri


kamis, 18/01/18, Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI), Kementerian Perindustrian sedang mengkaji pengembangan Taman Sains dan Teknologi bidang hilirasasi industri agro. Komitmen ini disampaikan oleh Kepala BPPI, Ngakan Timur Antara saat berkunjung ke Balai Besar Industri Agro (BBIA) dan Taman Sains dan Teknologi - Institut Pertanian Bogor (IPB Science Techno ...

Read more
19 Januari 2018

BBKB dan Bupati Bantul, Perkuat Pengembangan IKM Kerajinan dan Batik


Jumat, 29/12/17, Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul sepakat untuk melakukan Perjanjian Kerja Sama dalam rangka pengembangan IKM Kerajinan dan Batik di Bantul, Yogyakarta. Perjanjian tersebut telah ditandangani oleh Kepala  BBKB Yogyakarta Ir.Isananto Winursito, M.Eng, Ph.D. dan Bupati Bantul Drs. H. Suharsono.
Dalam kata sambutan bupati Bantul ...

Read more
18 Januari 2018

Kunjungan Representative UNIDO for Indonesia & Timor Leste ke BBIA


Rabu, 17/01/18, Kepala BBIA (Bpk. Ir. Umar Habson, MM) dan Tim (Pejabat Struktural dan Fungsional) menerima kunjungan representative UNIDO for Indonesia and Timor Leste (Mr. Esam Al-Qararah) dan  Tim ke BBIA  pada tanggal 17 Januri 2018. Tujuan kunjungan untuk melihat potensi dan kapasitas Balai Besar Industri Agro secara langsung dalam rangka penjajakan kerjasama dengan UNIDO.
Agenda ...

Read more
11 Januari 2018

Kunjungan dari Tsinghua University ke BDI Denpasar


Jumat, 05/01/2018, BDI Denpasar menerima kunjungan dari Tsinghua University yang didampingi oleh Direktur Jendral KPAII di Balai Diklat Industri Denpasar.
Kunjungan Tsinghua University tersebut dalam rangka studi banding dan melihat proses kerja BDI Denpasar sebagai pusat pengembangan industri kreatif.
Pada kesempatan tersebut Kepala BDI Denpasar menjelaskan tentang tupoksi dari BDI Denpasar ...

Read more
11 Januari 2018

Penyerahan SPPT-SNI AMDK Air Mineral kepada PT Gunung Naga Mas dan PDAM Tirta Sakti Kerinci oleh LSPRO Baristand Industri Padang


Selasa, 09/01/2018, Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) Baristand Industri Padang menyerahkan SPPT-SNI AMDK (Air Mineral) kepada PT Gunung Naga Mas dan PDAM Tirta Sakti Kerinci sebagai produsen AMDK dengan merk dagang AYIA dan OEGAR setelah melalui tahapan sertifikasi. Penyerahan sertifikat dilakukan oleh Ketua LSPro Baristand Industri Padang, Ibu Prima Yudha Hayati kepada Bapak Dedi Putra selaku ...

Read more
16 Nopember 2017

Diseminasi Litbangyasa Balai Besar Logam dan Mesin Tahun 2017


Kamis, 9/11/17. Dalam rangka diseminasi hasil penelitian pengembangan dan perekayasaan, Balai Besar Logam dan Mesin menyelenggarakan seminar dengan tema, “Peran Litbangyasa Produk Alat Mesin Pertanian, Hankam dan Kesehatan Menuju Industri Mandiri”. Seminar ini berlangsung di Marbella Suites Dago Bandung.Acara ini dibuka oleh Kepala BBLM, Ir. Enuh Rosdeni, M.Eng.  Seminar ini ...

Read more
23 Januari 2018

Diklat 3 in 1 Ahli Produksi Aneka Ikan Berbasis Kompetensi Angkatan II


Selasa, 23/01/2018, Balai Diklat Industri Makassar dan SUPM Bone bekerjasama melaksanakan pembukaan Diklat 3 IN 1 Ahli Produksi Aneka Olahan Ikan Berbasis Kompetensi Angkatan II Tahun 2018, bertempat di Ruang Aula SUPM Bone.
Acara dibuka secara resmi oleh kepala BDI Makassar C. Elisa Martina Katili, S.H., M.H dan Kepala Sekolah SUPM Bone Nurdin Kasim, S.St.Pi, M.Si. dengan menyematkan tanda ...

Read more
22 Januari 2018

Diklat 3 in 1 Ahli Produksi Aneka Olahan Berbasis Coklat Angkatan 1 Tahun 2018


Senin, 22/01/2018, Balai Diklat Industri Makassar melaksanakan pembukaan diklat 3 In 1 Ahli Produksi Aneka Olahan Berbasis Cokelat Angkatan I Tahun 2018, bertempat di Ruang Belajar BDI Makassar.
Acara dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan Kab. Polewali Mandar Ir. Syarifuddin, MM dan kepala BDI Makassar C. Elisa Martina Katili, S.H., M.H dengan menyematkan tanda ...

Read more
11 Januari 2018

Kunjungan dari Tsinghua University ke BDI Denpasar


Jumat, 05/01/18, BDI Denpasar menerima kunjungan dari Tsinghua University yang didampingi oleh Direktur Jendral KPAII di Balai Diklat Industri Denpasar.
Kunjungan Tsinghua University tersebut dalam rangka studi banding dan melihat proses kerja BDI Denpasar sebagai pusat pengembangan industri kreatif.
Pada kesempatan tersebut Kepala BDI Denpasar menjelaskan tentang tupoksi dari BDI Denpasar ...

Read more
13 Desember 2017

Kiat Mengembangkan Produk Lokal Dari 3 Pebisnis Andal


Pendidikan Vokasi Industri mengarahkan mereka pada keberhasilan dan kemandirian
Kemajuan pasar penjualan produk dalam negeri patut menjadi kebanggaan. Sejak beberapa tahun silam, pertumbuhan minat terhadap karya anak bangsa terus meningkat, khususnya dalam bidang mode. Hal ini praktis mengembangkan kemajuan daya saing sektor ekonomi dan industri Tanah Air di mata dunia. Namun produktivitas ...

Read more
07 Desember 2017

6 Hal yang Harus Anda Miliki Saat Bersaing di Industri Kerja


Lead: Selain pendidikan, miliki 6 hal ini demi meningkatkan karier Anda.
Persaingan dunia industri di negara ini tidak akan maju apabila Sumber Daya Manusia (SDM) sulit berkembang. Kemajuan teknologi yang kian pesat harus berimbang dengan tingkat kreativitas dan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Hal ini memicu adanya persaingan ketat dalam proses ...

Read more
17 Nopember 2017

Wisuda Program Diploma Politeknik APP Jakarta Tahun 2017


Kamis, 14/11/17. Direktur Politeknik APP Jakarta kembali mewisuda sebanyak 533 orang wisudawan pada Wisuda Program Diploma Politeknik APP Jakarta Tahun 2017 di Gedung Sasana Kriya TMII, Jakarta Timur. Dimana terdiri dari 507 orang lulusan Diploma III (tiga) dan 26 orang lulusan Program Diploma I (Satu) Distribution & Delivery.
Dalam Pidatonya Bapak Ahmad Wimbo Helvianto, S.E., M.M. selaku ...

Read more

Infografis

Sajian data dan informasi seputar kebijakan dan kegiatan kemenperin.

Promosi
Video

Twitter

Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM