KEGIATAN KEMENPERIN

Upaya Penumbuhan Wirausaha Baru Melalui Technology Business Incubator di Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta


Dalam rangka mendorong tumbuhnya usaha-usaha baru di bidang perkulitan, Akademi Teknologi Kulit (ATK) Yogyakarta melalui kegiatan Technlogy Business Incubator (TBI) pada tahun 2013 ini kembali menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang merupakan langkah awal dalam proses inkubasi bisnis kepada para calon wirausaha baru. Kegiatan-kegiatan yang diikuti oleh para mahasiswa semester V program regular ini telah diselenggarakan pada tanggal 16-21 September 2013.

Inkubasi bisnis merupakan suatu kombinasi kegiatan yang tingkat fleksibilitasnya sangat tinggi dan unik, dirancang untuk melakukan pembimbingan dan menumbuhkan unit-unit usaha kecil menengah yang baru melalui pembinaan dari tahap berdirinya hingga menjadi mandiri.

Rangkaian kegiatan tersebut berupa:

  1. Pelatihan kewirausahaan dan marketing (16 September 2013)
    Materi pada pelatihan ini meliputi Sikap Mental Kewirausahaan, Membangun Kemitraan, Manajemen Bisnis Sederhana, Pemasaran Usaha Kecil, Merencanakan dan Memulai Usaha, serta Praktik Menuangkan Ide Bisnis.
  2. Pelatihan e-Commerce (17 September 2013)
    Materi pada pelatihan ini meliputi Teknis Fotografi dan Editing Foto, Pengantar Internet, Regulasi dan Aspek Hukum e-Commerce, SEO Dan Keamanan Transaksi On Line, Mengenal Blog, Praktik Membuat Blog, dan e-Commerce Melalui Jejaring Sosial.
  3. Pelatihan Penyusunan Business Plan (20 September 2013)
    Materi pada pelatihan ini meliputi Teori Penyusunan Rencana Bisnis, Praktik Menyusun Rencana Aspek Pemasaran, Praktik Menyusun Rencana Aspek Produksi dan SDM, Praktik Menyusun Rencana Aspek Legalitas dan AMDAL, Praktik Menyusun Aspek Keuangan, Presentasi Rencana Bisnis, Presentasi Rencana Bisnis, Diskusi Akhir, dan Evaluasi.
  4. Kunjungan ke Sentra Industri Kulit Magetan (21 September 2013)
    Kunjungan ini dilaksanakan agar mahasiswa dapat melihat secara langsung usaha pengolahan kulit dan produk kulit.

Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, diharapkan akan muncul usaha-usaha baru yang tidak hanya memperkuat perekonomian daerah melainkan juga membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat.

Sumber: Website ATK Yogyakarta

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter

Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM