SIARAN PERS

Presiden Anugerahkan Penghargaan Pemerintah di Bidang Industri Tahun 2011


Pada hari ini Kamis 5 Januari 2012 di Istana Negara, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan Penghargaan Pemerintah di Bidang Industri kepada 69 penerima, yang terdiri dari 6 jenis penghargaan. Pemberian penghargaan pemerintah ini dimaksudkan untuk memberikan apresiasi bagi mereka yang berprestasi dalam pembinaan dan pengembangan industri.

Dalam laporannya, Menteri Perindustrian mengatakan bahwa sektor industri masih menjadi tumpuan dalam pembangunan perekonomian nasional. Perkembangan industri yang mengalami perlambatan beberapa tahun terakhir, kini telah bangkit dan mampu tumbuh lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan sektor industri pengolahan non migas mengalami peningkatan, dimana sampai pada triwulan III – 2011 mencapai 6,49%, lebih tinggi dari pertumbuhan industri non migas tahun 2010 yaitu sebesar 5,09% dan pertumbuhan ini merupakan yang tertinggi dalam lima tahun terakhir.

Untuk mempertahankan dan meningkatkan pertumbuhan industri nasional yang cukup baik ini perlu dilakukan upaya-upaya yang lebih strategis dalam rangka meningkatkan daya saing dan memotivasi dunia usaha serta masyarakat melalui pemberian penghargaan kepada mereka yang berjasa dalam pembinaan dan pengembangan industri, pengembangan desain, penemuan teknologi, pengembangan industri hijau maupun lembaga yang memanfaatkan hasil produksi dalam negeri; demikian dikatakan Menperin.

Dalam kaitan itu, Pemerintah akan menganugrahkan penghargaan di  Bidang Industri tahun 2011 sebagai berikut :

  1. Penghargaan Upakarti, yaitu penghargaan tertinggi dari Pemerintah kepada mereka yang telah berdedikasi tinggi melakukan berbagai upaya yang sangat luar biasa dalam pengembangan industri kecil dan menengah. 

    Penghargaan Upakarti, terdiri atas 3 (tiga) kategori : 
    1. Jasa Pengabdian : pengejawantahan  rasa ikut memiliki, rasa ikut bertanggung jawab serta berperan aktif dalam pengembangan industri kecil menengah. Jasa pengabdian diberikan kepada perorangan, lembaga/perusahaan yang secara tulus,aktif  dan berkesinambungan mengembangkan industri kecil dan menengah.
    2. Jasa Kepeloporan : pengejawantahan rasa ikut bertanggung jawab jawab serta rasa ingin berperan aktif dalam pengembangan industri kecil dan menengah. Jasa Kepeloporan diberikan kepada lembaga/perusahaan yang mempelopori dan memimpin jaringan kerjasama, yang secara berkesinambungan melakukan pembinaan kepada industri kecil dan menengah berdasarkan keterkaitan dan kemitraan yang saling menguntungkan, saling memperkuat dan saling melengkapi.
    3. Jasa Kepedulian : pengejawantahan rasa  memiliki, rasa bertanggung jawab dan keinginan berperan aktif melalui penetapan kebijakan yang berpihak secara nyata untuk pengembangan Industri kecil dan menengah.  Jasa kepedulian diberikan kepada Kepala Pemerintah Provinsi, Kepala Pemerintah Kabupaten/Kepala Pemerintah Kota. Penghargaan Upakarti telah diberikan setiap tahun sejak 1985 sampai dengan 1997, dan dilanjutkan kembali pada tahun 2006. Untuk penghargaan upakarti kepedulian tahun 2010, dan upakarti 2011 akan diserahkan tahun ini.
     
  2. Penghargaan Rintisan Teknologi, yaitu penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah kepada Perusahaan Industri, Lembaga R & D maupun Inventor lainnya. Penghargaan ini telah diberikan untuk ke-lima kalinya sejak tahun 2006.
  3. Penghargaan Desain Terbaik Indonesia (Penghargaan Indonesia Good Design Selection), yaitu penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah kepada perusahaan maupun desainer yang telah melakukan upaya luar biasa dalam menghasilkan desain produk yang baik sesuai dengan performa desain dan memenuhi kriteria ‘good design’. Penghargaan ini telah diberikan untuk ke-sepuluh kalinya sejak tahun 2001.
  4. Penghargaan Kreasi Prima Mutu yaitu penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah kepada perusahaan industri kecil dan menengah yang secara konsisten dan berkelanjutan menerapkan sistem mutu dengan pendekatan Gugus Kendali Mutu (GKM) untuk mengembangkan usahanya. Penghargaan ini merupakan penghargaan yang ke dua kalinya.
  5. Penghargaan Anugrah Cinta Karya Bangsa yaitu penghargaan yang diberikan kepada Instansi Pemerintah dan BUMN/BUMD yang secara terus menerus melakukan peningkatan pemanfaatan Produk Dalam Negeri, sehingga mendorong pengusaha meningkatkan produksinya dan percepatan pengembangan pasar dalam negeri maupun ekspor. Penghargaan ini diberikan untuk kedua kalinya, dan untuk tahun 2011 merupakan yang pertama kali akan diserahkan oleh Bapak Presiden.
  6. Penghargaan Industri Hijau yaitu penghargaan yang diberikan kepada industri yang telah menerapkan prinsip-prinsip industri hijau, sehingga  memotivasi para industri melakukan efisiensi pada proses produksi dan menggunakan sumber daya yang ramah lingkungan baik dalam penggunaan bahan baku maupun energi serta melakukan pengelolaan lingkungan yang baik. Penghargaan ini diberikan untuk kedua kalinya, dan untuk tahun 2011 merupakan yang pertama kali akan diserahkan oleh Bapak Presiden.

Adapun rincian penerima penghargaan dibidang industri sebagai berikut:

  1. Penghargaan Upakarti
    1. Penerima Penghargaan Upakarti tahun 2011 sebanyak 21 (dua puluh satu) penerima :
      1. Jasa Pengabdian 7 ( tujuh ) penerima.
      2. Jasa Kepeloporan  7 ( tujuh ) penerima.
      3. Jasa Kepedulian 7 ( tujuh ) penerima.
    2. Penerima Penghargaan Upakarti tahun 2010 sebanyak 4 (empat) penerima untuk Jasa Kepedulian
  2. Penerima penghargaan Rintisan Teknologi sebanyak 6 (enam) penerima.
  3. Penerima Penghargaan Desain Terbaik Indonesia Tahun 2011 sebanyak 13 (tiga belas) penerima.
  4. Penerima Penghargaan Kreasi Prima Mutu sebanyak 6 (enam) penerima.
  5. Penerima Penghargaan Anugrah Cinta Karya Bangsa sebanyak 9 (sembilan) penerima.
  6. Penerima Penghargaan Industri Hijau sebanyak 10 (sepuluh) penerima.

Mengenai nama-nama penerima penghargaan di bidang industri sebagaimana daftar terlampir.

Demikian Siaran Pers ini untuk disebarluaskan.

 

 

 

Jakarta, 5 Januari 2012

 

PUSAT KOMUNIKASI PUBLIK

KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN

Untuk informasi lebih lanjut :

dapat menghubungi Puskom

Telp. 021 5255609

email : puskom@kemenperin.go.id

Share: