KEGIATAN KEMENPERIN

Sukses Pemilu Kota Payakumbuh, Sukses Tinta Gambir Hasil Riset Baristand Industri Padang


Hajat besar pesta demokrasi Pemilukada Kota Payakumbuh Sumatera Barat telah sukses dilaksanakan tanggal 12 Juli 2012 yang lalu. Pemilihan kali ini berlangsung dengan tertib, aman dan terkendali. Apa yang menjadi istimewa pada penyelenggaraan Pemilukada Kota Payakumbuh kali ini? Bagi Baristand Industri Padang, event tersebut sangat istimewa karena pemilu yang diikuti oleh sekitar 100 ribu jiwa/pemilih tersebut menggunakan tinta tanda/cap jari hasil riset Baristand Industri Padang. 

Peristiwa ini merupakan catatan sejarah karena untuk pertama kalinya tinta yang terbuat dari bahan gambir tersebut digunakan untuk pemilu, baik di Sumatera Barat, Indonesia bahkan di dunia. Tim dari Baristand Padang sendiri juga ikut menyaksikan dan memastikan suksesnya pemakaian tinta pada Hari-H tersebut.

Tinta gambir dengan merek "ULGAD INK" merupakan hasil riset dan pengembangan tinta dari bahan baku gambir oleh para peneliti Baristand Industri Padang yang telah dilakukan sejak tahun 2005. R&D dilakukan secara terus menerus hingga mendapatkan tinta yang standar sebagai bahan untuk pemilu. Riset ini juga sekaligus mendukung pemanfaatan pengembangan nilai tambah produk unggulan/komoditi daerah di Sumatera Barat. 

Keberhasilan pemakaian tinta gambir ini diharapkan aan menumbuhjan industri tinta herbal dengan konsep green industry di wilayah Sumatera Barat yang sekaligus menciptakan akselerasi ekonomi industri daerah dan wilayah Barat Indonesia dalam rangka menyambut program MP3EI.

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter

Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM