KEGIATAN KEMENPERIN

Sekolah Menengah Analisis Kimia Padang Menjadi Wakil Provinsi Sumatera Barat dalam Kompetisi Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional


SMK Sekolah Menengah Analisis Kimia (SMAK) Padang merupakan satu dari 30 sekolah yang diusulkan oleh Provinsi Sumatera Barat untuk menjadi Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional berdasarkan hasil verifikasi Tim Penilai Adiwiyata Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (BAPEDALDA) Provinsi Sumatera Barat. Sebelumnya, SMK-SMAK Padang berhasil lolos seleksi Adiwiyata Kota Padang yang diikuti 35 sekolah. Adapun penilaian ini meliputi adanya kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.

Program Adiwiyata merupakan salah satu program Kementerian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Untuk menyukseskan program ini, SMK-SMAK Padang mencanangkan kegiatan “Kamis Bersih”. Setiap hari Kamis, sebelum pembelajaran dimulai, seluruh warga sekolah serempak membersihkan  halaman, taman, kelas, dan laboratorium sekolah. Selain itu, SMK-SMAK Padang juga melaksanakan beberapa program berwawasan lingkungan seperti pembuatan kompos, lubang biopori, pemilahan sampah sesuai dengan jenisnya, budidaya tanaman obat keluarga, gerakan hemat energi, dan mengintegrasikan isu lingkungan hidup dalam kegiatan pembelajaran di kelas. SMK-SMAK Padang juga berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan kegiatan kepedulian lingkungan seperti peaksanaan donor darah, kerja bakti lingkungan, lomba karya tulis sains, dan pameran produk unggulan siswa.

Dengan penerapan program Adiwiyata, diharapkan tercipta peningkatan kualitas sekolah, baik perilaku peduli dan berbudaya lingkungan, maupun peningkatan kualitas lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya.

 
Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter

Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM