KEGIATAN KEMENPERIN

Open Lab di Sekolah Menengah Analis Kimia Padang


SMK-SMAK Padang pada tanggal 13-14 April 2012 melaksanakan "Analisis Terpadu II Expo (A.T. II Expo)". Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Sekolah dalam meningkatkan semangat berwirausaha para siswa kelas empat. Pada kegiatan ini, para siswa memamerkan produk yang telah mereka buat, yang telah melalui serangkaian analisis dan kemudian dibandingkan dengan Standar Nasional Indonesia. Ada beberapa kategori produk yang dihasilkan, yaitu makanan & minuman, herbal, kosmetik, dempul kayu, produk limbah olahan berupa pupuk cair & kompos, serta olahan hasil laut. 

Acara ini yang juga dihadiri oleh siswa-siswi dari SMP 8 Padang, SMP 5 Padang dan SMP 2 Padang, dibuka secara resmi oleh Camat Pauh Padang. Para pengunjung dapat mencicipi serta memberikan komentar terhadap produk yang dipamerkan. Selain itu, siswa-siswi SMP tersebut juga mendapat kesempatan untuk mengenal SMK-SMAK lebih dekat melalui kegiatan yang bertajuk “Open Lab SMK – SMAK Padang” dan berdiskusi singkat tentang kimia. Mereka sangat antusias untuk mengetahui apa itu kimia lebih jauh. 

Mereka juga berkunjung ke Laboratorium Proksimat, Klinis, Kimia Dasar, Mikrobiologi, Instrumen, dan Tempat Uji Kompetensi (TUK). Di masing-masing laboratorium peserta mendengarkan penjelasan tentang fungsi laboratorium, jenis-jenis peralatan laboratorium, standar keamanan praktikum. Dalam kesempatan itu, salah satu siswa SMK-SMAK Khairul Akbar, mendemonstrasikan percobaan sederhana berupa gunung api. 

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter

Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM