AGENDA PENTING KEMENPERIN

Diklat Konsultan Diagnosis IKM (Shindanshi)


Konsultan Diagnosis IKM (Shindanshi) adalah perorangan yang telah memiliki sertifikat kompetensi dan sudah tercatat di Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk memberikan jasa konsultansi IKM.

Kegiatan Konsultan Diagnosis IKM:

  1. Melakukan kegiatan analisis dan diagnosis menyeluruh terhadap permasalahan perusahaan IKM.
  2. Melakukan kegiatan analisis lebih mendalam terhadap aspek tertentu dari hasil diagnosis Konsultan Diagnosis IKM.

Para Konsultan Diagnosis IKM yang telah terdata oleh Direktorat Jenderal IKM akan diberikan Kartu Tanda Pengenal Konsultan IKM (KTPK IKM).  Masa berlaku KTPK IKM ini disesuaikan dengan masa berlaku sertifikat kompetensi Konsultan Diagnosis IKM.

Penelitian “Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk UKM-UKM Industri Manufaktur di Indonesia” yang disusun oleh Japan International Cooperation Agency (JICA) tahun 2004 terhadap 263 perusahaan yang bergerak sebagai industri pendukung di daerah Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Bandung diperoleh hasil 52,5% responden mengikutsertakan pegawainya pada program pelatihan di luar perusahaan mereka. Dari keseluruhan responden, 55% lebih memprioritaskan pengembangan SDM dalam menguasai teknik pengendalian produksi dan manajemen teknologi. 

Hasil penelitian tersebut dijadikan oleh JICA sebagai rekomendasi untuk pengembangan SDM IKM di Indonesia. Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (DJ-IKM) telah menyusun rencana kerja JICA Expert (Planning of HRD for SME Promotion) yang salah satu area kerjanya adalah mendukung Kementerian Perindustrian mengoperasikan “Model Training Course”.

Model Training Course yang diimplementasikan oleh Kementerian Perindustrian adalah Diklat Pengembangan Jasa Konsultansi Industri Kecil & Menengah (Shindanshi) sejak tahun 2006. Sampai saat ini telah tersebar 361 orang alumni diklat ini di Propinsi/Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

 
Share:

Twitter