PENGUMUMAN

Seleksi Penghargaan Rintisan Teknologi Industri Tahun 2019


Latar Belakang dan Tujuan

Penghargaan RINTEK merupakan penghargaan tertinggi pemerintah, yang diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada industri/perusahaan, yang telah secara luar biasa menghasilkan perekayasaan, invensi, dan/atau inovasi teknologi yang berhasil diproduksi dan dikomersilkan. Penghargaan RINTEK bertujuan untuk mendukung proses peningkatan kemampuan teknologi industri nasional secara berkelanjutan, serta mengembangkan daya saing industri nasional, dengan memanfaatkan pengembangan riset dan teknologi industri yang bernilai tinggi. Melalui penghargaan ini, diharapkan akan memotivasi perusahaan/industri, lembaga R&D, maupun inventor untuk terus melakukan upaya pengembangan atau perekayasaan teknologi, sehingga ketergantungan Indonesia pada impor barang-barang modal/mesin, dan peralatan dapat diminimalkan.

 
Manfaat Bagi Peserta/Industri
Penghargaan yang akan diberikan secara langsung oleh Menteri Perindustrian RI ini, merupakan bentuk pengakuan resmi dari pemerintah kepada perusahaan/industri dalam bidang rintisan teknologi. Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan akan meningkatkan prestise dari perusahaan dan produk yang dihasilkan, sehingga dapat meningkatkan antusiasme konsumen akan produk/teknologi hasil invensi/inovasi.
 
Ketentuan Umum
  1. Peserta terbuka bagi seluruh perusahaan/industri dengan kinerja sebagai berikut:
    a. Industri/Perusahaan kelas menengah atau besar;
    b. Merupakan industri padat teknologi;
    c. Perusahaan Modal Dalam Negeri (PMDN); dan
    d. Produk/Teknologi yang dihasilkan merupakan hasil invensi dan/atau inovasi yang telah berhasil diproduksi dan dikomersialisasikan.
  2. Peserta yang memenuhi kriteria dapat dicalonkan/diusulkan oleh:
    a. Tim Pengusul Pusat (Instansi Pemerintah Pusat, Asosiasi, dan Dirjen terkait);
    b. Tim Pengusul Tingkat Daerah (Instansi Pemerintah Daerah, Inkubator Bisnis, dan Perguruan Tinggi di daerah setempat); dan
    c. Usulan dari perusahaan/industri secara langsung.
Tatacara Pendaftaran Peserta
Setiap peserta/tim pengusul yang berminat dapat mendaftarkan diri/calon yang diusulkan kepada panitia melalui link bit.ly/RINTEK2019 selambat-lambatnya tanggal 31 Mei 2019. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di Buku Pedoman (Booklet) RINTEK 2019;
atau menghubungi panitia melalui email: puslitbangtiki@kemenperin.go.id (Puslitbang Industri KFTLMATE) dan puslitbang_ia@kemenperin.go.id (Puslitbang Industri Agro)  atau CP atas nama Isti (0878 3988 2221 ; Puslitbang Industri KFTLMATE)/Vernando (081224080070; Puslitbang Industri Agro).
 
Share:

Twitter

Penghargaan Industri Hijau Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM