BERITA INDUSTRI

Industri Mainan Didorong Genjot Ekspor


Sumber: Investor Daily (03/10/2018)

JAKARTA – Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan, industri mainan berkontribusi positif terhadap perekonomian nasional dan menjadi salah satu sektor manufaktur andalan di Indonesia, karena berorientasi ekspor. Untuk itu, kinerja sektor ini dipacu guna memperbaiki struktur ekonomi nasional, yang sedang mengalami defisit neraca perdagangan.

“Pemerintah telah membuat beberapa kebijakan yang dapat mendorong ekspor, di antaranya adalah pemberian insentif fiskal untuk industri melalui program Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE),” kata dia dalam siaran persnya, Jakarta, Selasa (2/10).

Dia mengatakan, dalam kondisi perekonomian dunia yang sedang melambat, Indonesia jangan hanya fokus pada pasar domestik. Industri mainan yang termasuk padat karya bisa diandalkan memacu ekspor dan memberikan dampak berganda kepada ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat, pada 2017, ekspor industri mainan mencapai US$ 302 juta, naik 11,8% dari 2016 sebesar US$ 270,36 juta. Selain itu, tercatat nilai produksi industri mainan Rp 10,7 triliun, dengan kapasitas produksi terpasang 4.575 ton. Adapun investasi industri mainan menembus Rp 410 miliar dan sampai saat ini menyerap 23.116 orang. (leo)

 

 
Share:

Twitter

Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM