BERITA INDUSTRI

Dorong Jadi Pemasok Global


Sumber : Jawa Pos (22/03/2018)


JAKARTA - Industri makanan dan minuman (mamin) dipacu agar menjadi pemasok di pasar global. Selain tren positif sepanjang 2017, industri mamin menjadi salah satu industri yang cepat mengadaptasi inovasi produksi.


"Potensi industri mamin di Indonesia bisa menjadi champion karena suplai user-nya banyak. Untuk itu, kuncinya di industri mamin adalah food innovation and security," ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto kemarin (21/3).


Setiap perusahaan mamin diharapkan bisa menjadi pemasok global melalui dukungan pembentukan Indonesian Food Innovation Centre (IFIC). IFIC didirikan GAPMMI, Business Innovation Center (BIC), serta Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO).


Kemenperin bertindak sebagai vocal point dalam IFIC yang merupakan salah satu hasil dari program Indonesia-Australia Comprehensive Partnership Agreement (IA-CEPA). "FIC ini nanti mempunyai peran sebagai penghubung global antara industri mamin terhadap inovasi di bidang agro untuk mendukung ketahanan pangan. Jadi, bisa meningkatkan nilai tambah," jelas Airlangga.


Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Ngakan Timur Antara mengatakan, beberapa strategi yang akan ditempuh IFIC saat ini adalah membuat sistem database inovasi agro pangan dan membangun kerja sama dengan asosiasi industri luar negeri.


"Kerja sama dengan pihak luar negeri ini memungkinkan industri dalam negeri untuk melakukan benchmarking, mengetahui teknologi proses terkini, memperoleh pendidikan vokasi, pengembangan keahlian untuk best practice, serta peningkatan produktivitas," tuturnya. (agf/c15/fal)



Share:

Twitter

Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM