BERITA INDUSTRI

Kemperin Bidik 400 IKM Ikut KITE


Sumber : Kontan Harian (09/02/2018)


SOLO. Meski pemerintah sudah meluncurkan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) sejak Januari 2017, ternyata tidak mendapat respon antusias dari para industri kecil dan menengah (IKM).


Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) IKM Kementerian Perindustri (Kemperin) Gati Wibawaningsih, dari total 4,7 juta IKM di Indonesia, baru 42 IKM yang memanfaatkan KITE. Melihat hasil tersebut, Kemperin berencana menggeber jumlah IKM yang memanfaatkan KITE. "Kami menargetkan tahun ini ada 400 IKM, tapi khusus industri menengah. Sebab industri kecil belum terlalu banyak garap ekspor," katanya dalam Focus Group Discussion Implementasi KITE untuk IKM, Kamis (8/2).


Biasanya hambatan bersifat teknis, seperti pengisian formulir Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) dan Pemberitahuan Impor Barang (PIB). Selain itu juga ada kewajiban produk ekspor minimal 75% dari bahan baku yang diimpor.


Pemerintah bakal mensosialisasikan KITE ini ke industri menengah supaya bisa memanfaatkan fasilitas tersebut. Apalagi jumlah industri menengah saat ini ada 30.000 industri. IKM yang sudah manfaatkan KITE di bidang furnitur dan kerajinan.


Maizal Walfajri



Share:

Twitter

Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM