BERITA INDUSTRI

Kemenperin Punya Program Khusus Majukan IKM RI, Tertarik Ikut?


Sumber : Kumparan (08/02/2018)


Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyiapkan anggaran sebesar Rp 3,95 miliar untuk memberikan pelatihan kepada peserta program e-Smart Industri Kecil Menengah (IKM) pada tahun ini.


Direktur Jenderal IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih, mengatakan pelatihan yang diberikan kepada peserta program e-Smart IKM bertujuan untuk memberi pembekalan dan pengetahuan bisnis, sebelum produk anggota program e-Smart IKM itu dipasarkan.


“Pelatihan yang kita buat meliputi pengetahuan untuk peningkatan daya saing, produktivitas usahanya, dan sosialisasi fasilitas dari Kemenperin,” ujarnya kepada kumparan (kumparan.com), Kamis (8/2).


Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan itu, menurut Gati ialah berupa informasi KUR, perkenalan teknis akuntansi sederhana untuk memperoleh KUR, standarisasi produk, hingga strategi pengembangan dan pemasaran produk.


“Pelatihan itu kami adakan dua hari. Tapi setelahnya  kami tetap mengadakan pembinaan lanjutan seperti pendampingan proses produksi, sampai bantuan mesin dan peralatan melalui program restrukturisasi,” bebernya.


Selain memperoleh pelatihan, lanjut Gati, produk peserta program e-Smart IKM akan dihubungkan dengan beberapa marketplace untuk dipasarkan. Saat ini Kemenperin telah bekerja sama dengan BliBli, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan Blanja.


Sepanjang tahun lalu, peserta program e-Smart IKM sebanyak 1.736 IKM. Pada tahun ini ditargetkan peserta program e-Smart IKM mencapai 4.000 IKM, dan bertambah menjadi 5.000 IKM di tahun 2019.


“Pendaftarannya bisa memantau akun sosial media Ditjen (Direktorat Jenderal) IKM Kemenperin,” jelasnya.



Share:

Twitter

Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM