BERITA INDUSTRI

Pemerintah Targetkan 20 IKM Jadi Startup


Sumber : bisnis.com (08/02/2018)


Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian menargetkan bisa menelurkan 20 perusahaan rintisan atau startup yang berasal dari Industri Kecil Menengah.


Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Gati Wibawaningsih menyatakan sepanjang tahun lalu terdapat sebanyak sembilan usaha Industri Kecil Menengah (IKM) yang menjelma menjadi perusahaan rintisan. Menurutnya, keberadaan perusahaan rintisan teknologi semakin dibutuhkan dalam era ekonomi digital.


“Terutama untuk menjual produk IKM dan menumbuhkan perdagangan melalui e-commerce,” ujar Gati dalam siaran pers, Rabu (7/2/2018).


Untuk mewujudkan target tersebut, Kemenperin mengoptimalkan program edukasi yang bernama e-Smart IKM untuk bisa memasarkan produk lewat marketplace. Program tersebut sudah berlangsung sejak tahun lalu.


Unit usaha IKM selalu menunjukkan pertumbuhan yang pesat di Indonesia. Per kuartal I/2017, terdapat sebanyak 4,59 juta IKM yang beroperasi di Indonesia. Angka itu naik 4% dibanding tahun sebelumnya, yang sebanyak 4,41 juta IKM.



Share:

Twitter

Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM