BERITA INDUSTRI

Kemperin Bidik 20 IKM Jadi Start Up


Sumber : Kontan Harian (08/02/2018)

JAKARTA. Kementerian Perindustrian (Kemperin) menargetkan bisa menelurkan 20 usaha rintisan atau start up yang berasal dari kalangan industri kecil dan menengah (IKM). Target tersebut dua kali lipat lebih banyak dari tahun lalu yang cuma berhasil mencetak sembilan start up dari IKM.

Menurut Gati Wibawaningsih, Dirjen IKM Kemperin, keberadaan start up makin dibutuhkan kalangan IKM saat ini. "Terutama untuk menjual produk IKM dan menumbuhkan perdagangan melalui e-commerce," ungkap dia dalam keterangan tertulis, Rabu (7/2).

Untuk mewujudkan target tersebut, Kemperin akan mengoptimalkan program edukasi IKM yang bernama e-Smart IKM untuk bisa memasarkan produk melalui marketplace. Program tersebut sudah berlangsung sejak tahun lalu.

Gati mencatat, apabila jumlah IKM yang beralih menjadi start up terus bertambah. Di tahun 2014 ada lima IKM yang jadi start up. Lantas pada 2015 jumlahnya bertambah ada delapan IKM ke start up. Puncaknya di tahun 2016, terdapat 11 IKM yang menjelma menjadi start up. Adapun jumlah IKM sampai triwulan II 2017 ada 4,59 juta IKM.

Maizal Walfajri 

Share:

Twitter

Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM