BERITA INDUSTRI

Ethica Industri Resmikan Pabrik Rp 1 Triliun


Sumber : Investor Daily (24/11/2017)

CIKARANG – PT Ethica Industri Farmasi meresmikan pabrik obat injeksi senilai Rp 1 triliun di kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat.

Ethica Industri merupakan perusahaan hasil joint venture antara Fresenius Kabi AG dan Soho Global Health dengan porsi kepemilikan saham 60% dan 40%.

President Direktur Ethica Industri Farmasi Indrawati Taurus mengatakan, pabrik ini memproduksi 20 jenis produk obat injeksi yang digunakan untuk perawatan ginekologi, anestesi, dan perawatan pasien kritis.

Luas pabrik mencapai 4,3 hektare (ha) dengan jumlah karyawan mencapai 300 orang. Proses produksi sudah menggunakan teknologi aseptik dan sterilisasi terbaru dan bahan baku sebagian besar diimpor dari Jerman.

“Dengan dibangunnya pabrik ini, perusahaan mampu menyediakan akses kesehatan yang lebih luas untuk masyarakat Indonesia, terutama untuk obat injeksi bagi penyakit kritis dan kronis,” ujar dia di Cikarang, Kamis (23/11).

Menurut dia, hasil produksi hanya digunakan untuk kebutuhan domestik. Namun, dalam dua tahun ke depan, hasil produksi juga akan diekspor ke negara Hongkong, Korea Selatan, Filipina, Singapura, Thailand, Taiwan, Vietnam, dan Australia.

Pada 2016, pabrik ini sudah mendapatkan izin industri farmasi dari Kementerian Kesehatan dan sertifikat cara pembuatan obat yang baik dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pabrik ini sudah mulai beroperasi secara komersial sejak awal Oktober 2017 dengan kapasitas produksi 100 juta ampul/ vial per tahun. Proses pembangunan pabrik dimulai pada 2012 dan selesai pada 2016.

Permintaan obat injeksi ter us mengalami per tumbuhan positif, karena program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari pemerintah, perusahaan selalu berkomitmen untuk mendukung program tersebut. (dho)

Share:

Twitter