PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (LITBANG)

Pelatihan Peningkatan Kemampuan SDM Industri Permesinan


Balai Besar Logam dan Mesin bekerjasama dengan Direktorat Industri Permesinan dan Alat Mesin Pertanian, Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika menyelenggarakan “Pelatihan Peningkatan Kemampuan SDM Industri Permesinan di Bidang Pengerjaan Logam (Metal working) untuk Pemrograman Mesin CNC”.  Bertempat di Auditorium Titanium Lantai 2 Gedung Utama BBLM,  pelatihan ini diadakan dalam kurun waktu dua minggu 25 September – 6 Oktober 2017. 

Pelatihan yang dibuka oleh Bapak Ayi Yudia Bakti selaku Kepala Seksi Pelatihan ini diisi dengan pemberian materi pada minggu pertama dan praktek pada minggu kedua. Pelatihan ini diisi oleh instruktur dari praktisi yang bekerja langsung dengan mesin CNC. Materi yang diajarkan diantaranya mengenai Pengetahuan Bahan dan Proses (PBP), Gambar Teknik (GT), Pengetahuan Mesin Perkakas (PMP), Konsep Pemrograman CNC (KPCNC), Permodelan 3D Basic (P3DB), Pemrograman CNC Manual Milling (PCNCMM), Pemrograman CNC Manual Bubut (PCNCMB), Pemrograman CAM Milling (PCAMM) dan Pemrograman CAM Bubut (PCAMB). Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta dapat memahami dan mampu melakukan program mesin CNC. Balai Besar Logam dan Mesin (BBLM) bekerjasama dengan Direktorat Industri Permesinan dan Alat Mesin Pertanian, Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Ditjen ILMATE) menyelenggarakan “Pelatihan Peningkatan Kemampuan SDM Industri Permesinan di Bidang Pengerjaan Logam (Metal working) untuk Pemrograman Mesin CNC”.  Bertempat di Auditorium Titanium Lantai 2 Gedung Utama BBLM,  pelatihan ini diadakan dalam kurun waktu dua minggu (25 September – 6 Oktober 2017). 
Pelatihan yang dibuka oleh Bapak Ayi Yudia Bakti selaku Kepala Seksi Pelatihan ini diisi dengan pemberian materi pada minggu pertama dan praktek pada minggu kedua. Pelatihan ini diisi oleh instruktur dari praktisi yang bekerja langsung dengan mesin CNC..  Materi yang diajarkan diantaranya mengenai Pengetahuan Bahan dan Proses (PBP), Gambar Teknik (GT), Pengetahuan Mesin Perkakas (PMP), Konsep Pemrograman CNC (KPCNC), Permodelan 3D Basic (P3DB), Pemrograman CNC Manual Milling (PCNCMM), Pemrograman CNC Manual Bubut (PCNCMB), Pemrograman CAM Milling (PCAMM) dan Pemrograman CAM Bubut (PCAMB).  Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta dapat memahami dan mampu melakukan program mesin CNC.

Kegiatan pelatihan diakhiri dengan post test dan evaluasi/diskusi kemudian ditutup oleh Kepala BBLM Ir. Enuh Rosdeni, M.Eng dan Kepala Bidang Pelatihan dan Pengembangan Dr. Mufid Djoko Purwanto. 










Share:

Twitter