BERITA INDUSTRI

Bantuan Mesin Produksi Bagi IKM


Sumber : Kontan Harian (30/08/2017)

JAKARTA Kementerian Perindustrian (Kemperin) terus berupaya mengoptimalkan laju bisnis industri kecil dan menengah (IKM). Saat ini ada sekitar 43 sentra IKM yang tercatat di instansi tersebut.

Salah satu sentra IKM yang mendapat perhatian Kemperin adalah sentra alat tenun dan IKM alat mesin pertanian yang ada di Sumatra Barat. Kemperin memberi bantuan mesin dan peralatan produksi bagi IKM alat mesin pertanian dan tenun.

"Kami harap IKM alat mesin pertanian di sana bisa berinovasi dan memasarkan produknya," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto dalam keterangan tertulis, Selasa (29/8).

 Sedangkan untuk IKM tenun di Tanah Datar adalah bantuan memakai alat tenun bukan mesin (ATBM) Jaquard. Adapun sebelumnya, IKM tenun di sana masih memakai alat tenun tradisional gedogan.

Setelah mendapat bantuan alat produksi, Kemperin berharap produk IKM ini bisa dipasarkan secara luas lewat beragam cara secara online untuk memperluas pasar. Seperti e-smart IKM, e-catalog dan yang lainnya. Bila ini terealisasi, harapannya ini bisa mendongkrak bisnis industri kecil menengah.

Maizal Walfajri

Share:

Twitter