BERITA INDUSTRI

Kemenperin Siapkan Regulasi Mobil Hybrid Listrik


Sumber : Liputan6.com (28/08/2017)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah menyusun regulasi pengembangan mobil dengan dua sumber energi yaitu BBM dan listrik. Pengembangan mobil ini akan menjadi batu loncatan bagi transisi ke kendaraan listrik.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan, mobil hybrid yang akan dikembangkan di dalam negeri menggunakan teknologi terbaru. Dengan demikian, nantinya untuk pengisian listrik bisa dilakukan di rumah.

"Ada teknologi rapid charger. Seperti ponsel di-charger, jadi bisa di charger di garasi masing-masing. Dan itu long range, antara 200 km-300 km," ujar dia di Padang, Sumatera Barat, seperti ditulis Senin (28/8/2017).

Menurut dia, dengan teknologi ini, maka tidak perlu banyak membangun infrastruktur pengisian bahan bakar listrik. Dengan demikian, tidak perlu investasi yang besar untuk menyediakan infrastrukturnya.

"Sebagian teknologi menggunakan motor kecil di dalam kendaraan itu sendiri, sehingga self generating power. Jadi infrastruktur luarnya seminimal mungkin," lanjut dia.

Saat ini, lanjut Airlangga, pihaknya tengah menyusun regulasi pengembangan mobil ini. Dengan demikian, produsen yang ingin mengembangkan kendaraan tersebut bisa mendapatkan kepastian terkait aturannya.

"Regulasinya kami siapkan, karena jumlah pemasok dan industri penunjang electric vihicle ini lebih kecil dari para industri motor saat ini. Sehingga perlu kesiapan seperti teknologi baterai dan motor induksinya," tandas dia.

Share:

Twitter