BERITA INDUSTRI

Triwulan II-2017, Industri Logam Tumbuh 7,5%


Sumber : Kontan Harian (25/08/2017)

JAKARTA. Industri logam mencatatkan pertumbuhan sebesar 7,5% di triwulan II-2017. Pencapaian ini merupakan yang tertinggi dibandingkan sektor manufaktur lain. Namun, industri ini masih harus menghadapi tantangan yang berat di tengah membanjirnya produk logam impor dengan harga jual yang lebih murah.

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Ilmate) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, perlu ada langkah keberpihakan dari pemerintah melalui program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Dengan kebijakan itu penggunaan produk dalam negeri semakin terjaga. Upaya strategis ini memberikan dukungan agar menjadi pemicu penggunaan produk logam lokal, terutama terhadap proyek-proyek yang dibiayai oleh APBN, kata Putu dalam siaran pers, Kamis (23/8).

Program P3DN diharapkan juga mendorong masyarakat maupun badan usaha supaya lebih menggunakan produk dalam negeri. Lalu memberdayakan industri dalam negeri melalui pengamanan pasar domestik, mengurangi ketergantungan produk impor dan meningkatkan nilai tambah di dalam negeri.

Selain itu, Kemenperin terus menggalakkan program implementasi Standar Nasional Indonesia (SNI). Hingga saat ini, produk industri logam sebagian besar SNI sukarela dan sekitar 27 SNI wajib.

Handoyo

Share:

Twitter