BERITA INDUSTRI

Investor Didorong Kembangkan Kota Industri


Sumber : Media Indonesia (24/08/2017)

KEMENTERIAN Perindustrian (Kemenperin) menyambut baik rencana pengembangan Karawang New Industry City di Karawang, Jawa Barat. Kota industri itu terdiri atas lima cluster, yaitu suku cadang otomotif, material konstruksi ramah lingkungan, elektronik, logistik dan pergudangan, serta inovasi UKM.

Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri Kemenperin Imam Haryono menyampaikan, sampai Juli 2017 sudah ada 16 rekomendasi kawasan industri yang diterbitkan Kemenperin dengan luas lahan 8.510 hektare. "Kami harap investor yang mengantongi rekomendasi segera melanjutkan penyelesaian perizinan dan mulai melakukan konstruksi pembangunan infrastruktur," ujarnya di Jakarta, kemarin.

Imam menjelaskan konsep pengembangan kota industri di Karawang itu selaras dengan konsep pemerintah yakni melibatkan masyarakat sekitar, ramah lingkung an, didukung kemajuan teknologi dan inovasi, serta mewujudkan kota industri cerdas yang besinergi dengan pengembangan kawasan industri ramah lingkungan.

"Ini konsep kawasan baru yang lebih mengedepankan pembangunan sosioekonomi masyarakat daerah. Kami harap dapat memberikan multiplier effect pada berkembangnya industri kecil dan menengah di Karawang."

Berdasarkan data Kemenperin, perkembangan kawasan industri pada dua tahun terakhir amat pesat. Dari sisi jumlah meningkat 17,56% dari 74 kawasan industri pada 2014 menjadi 87 kawasan industri pada 2016. Dari sisi luas, meningkat 64,67% dari 36.295 hektare menjadi 59.767 hektare.

Namun, kata Imam, pembangunan kawasan industri juga perlu didukung infrastruktur yang terintegrasi, seperti jalan, pelabuhan, jalur kereta api, fasilitas dan jaringan ketersediaan energi, fasilitas dan jaringan komunikasi serta informasi, pusat inovasi dan R&D, serta sarana dan prasarana pengembangan SDM yang andal.

"Pembangunan infrastruktur terintegrasi selaras dengan upaya pemerintah untuk mengurangi ketimpangan ekonomi menuju tercapainya Indonesia-sentris," kata Imam.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan kerja sama antara pemda dan investor dalam mengembangkan kota industri itu akan membuka pintu lapangan kerja baru di Karawang dan memastikan pembangunan infrastruktur berkelas dunia. (Ant/Adi/E-3)

Share:

Twitter