SIARAN PERS

Kemenperin Raih Penghargaan Pengelola PNBP Terbaik


Kementerian Perindustrian meraih penghargaan sebagai Kementerian/Lembaga Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Terbaik pada ajang PNBP Awards 2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan. Penganugerahan tersebut sebagai apresiasi atas kontribusi berbagai lembaga dalam mengoptimalkan pendapatan negara.


“Alhamdulillah, kami bersyukur dan berterima kasih kepada Kementerian Keuangan atas prestasi ini. Semoga apresiasi ini dapat memacu kinerja kami untuk terus lebih baik lagi,” ungkap Sekjen Kemenperin Syarif Hidayat di Jakarta, Rabu (7/12).


Menurut Syarif, Kemenperin melalui Biro Keuangan selalu menyampaikan tepat waktu target PNBP dandata pendukungnya. “Sesuai PMK mengenai penyampaian laporan realisasi triwulan PNBP,kami selalu disiplin menyampaikan laporan ke Direktorat PNBP dan tidak pernah terlambat,” ujarnya.


Syarif menambahkan, prestasi Kementerian Perindustrian sebagai Pengelola Penerimaan PNBP Terbaik di tahun ini merupakan peningkatan signifikan dari prestasi di tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, Kemenperin baru sebatas mendapatkan apresiasi karena telah menggunakan Sistem Informasi PNBP Online (Simponi).


Perlu diketahui, PNBP bersama Penerimaan Pajak merupakan pilar utama penerimaan negara yang menopang APBN. Dalam satu dekade ini kontribusi PNBP rata-rata mencapai 29 persen dari total pendapatan negara. Berdasarkan hasil audit BPK, realisasi PNBP tahun 2014 mencapai Rp398,4 triliun atau meningkat hampir tiga kali lipat dibanding realiasasi pada tahun 2005 sebesar Rp146,9 Triliun.


Penetuan kriteria penerima penghargaan PNBP terbaik, diantaranya berdasarkan pada adanya kelengkapan dasar hukum pemungutan, opini BPK atas laporan keuangan K/L waktu tiga tahun terakhir, ada atau tidaknya temuan BPK dalam pengelolaan PNBP, tingkat kepatuhan penyampaian laporan dan penyampaian data rencana PNBP, serta deviasi antara target dan realisasi PNBP.


Selain Kementerian Perindustrian yang mendapatkan PNBP Awards 2016 dengan kategori Kementerian/ Lembaga Pengelola PNBP terbaik, juga diterima oleh Kementerian Kesehatan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, serta Kementerian Perhubungan.


Diharapkan dengan pemberian PNBP Awards 2016 dapat memberikan motivasi kepada Kementerian dan Lembaga serta stakeholder yang lain untuk lebih mengoptimalkan pendapatan negara. Selain itu, pengelolaan PNBP dapat dikelola dengan lebih profesional, transparan dan akuntabel.


Demikian siaran pers ini untuk disebarluaskan.



Share:

Twitter