AGENDA PENTING KEMENPERIN

Incubation Business Center


Incubation Business Center (IBC) merupakan wadah untuk menumbuhkembangkan wirausaha baru di bidang telematika, khususnya yang berbasis di perguruan tinggi melalui program inkubasi.

Tujuan dari pengembangan IBC adalah sebagai sarana bagi komersialisasi riset, penciptaan lapangan kerja baru dan bentuk jalinan kerjasama antara perguruan tinggi - industri - masyarakat - Pemerintah. Sebagai salah satu wadah pengembangan industri telematika, keberadaan IBC diharapkan mampu sebagai penyedia IT solution bagi usaha UKM, melalui penyediaan software aplikasi pembukuan, aplikasi produksi, aplikasi di bidang desain produk dan pemasaran. Selain itu, menumbuhkan motivasi berwirausaha di kalangan mahasiswa, membekali mahasiswa melalui pelatihan-pelatihan multimedia, menjalin kerjasama dengan UKM melalui program pendampingan dan membangun sinergi dalam upaya peningkatan daya saing produk.

Visi IBC, yaitu berusaha memadukan pembelajaran teori, praktek dan magang ke industri dan terlibat langsung dalam perancangan, pembuatan serta pemberian solusi atas permasalahan produksi.

Output IBC adalah mencetak lulusan yang siap menjalankan bisnis/usaha atau bekerjasama dengan industri dalam memberikan pelayanan jasa khususnya di bidang teknologi informasi dan membentuk kerjasama dengan industri, dimana mahasiswa dapat memperoleh pengalaman bisnis di lapangan.

Saat ini IBC terdapat di 4 kota, yaitu:

  1. Depok,
  2. Salatiga,
  3. Solo,
  4. Kudus.

Keterangan lebih lanjut dapat dilihat pada Website Resmi IBC.

Share:

Twitter