PENGUMUMAN

Indonesia Furniture Design Award (IFDA) 2016


IFDA 2016 merupakan kompetisi desain furniture tingkat nasional yang pada tahun ini merupakan ajang kompetisi kesembilan, dimulai dari tahun 2008, 2010, 2011, 2012, 2013, 2014, dan 2015. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Direktorat Industri Hasil Hutan dan Perkebunan berkerjasama dengan Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (AMKRI), Yayasan Rotan Indonesia (YRI) dan Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI). IFDA melombakan desain furniture berupa produk furniture dengan fokus di bahan baku alami. Diharapkan dari lomba ini dapat dihasilkan karya-karya desain furniture terbaru yang memenuhi selera pasar namun tetap bercirikan Indonesia.

Kompetisi pada tahun ini mengambil tema “Furniture berbahan baku utama rotan dengan kombinasi material lainnya”. Pemilihan rotan sebagai bahan baku utama didasari oleh upaya pemerintah untuk meningkatkan penyerapan bahan baku rotan dan penetrasi pasar produk furniture rotan.

IFDA 2016 melombakan kategori furniture sarana pendidikan (kursi dan meja sekolah/kampus), dengan kriteria pemenang dinilai dari aspek Ergonomi (Comfortable, Healthy, Safety). Faktor keselamatan (safety) dan kekuatan dari produk furniture tersebut menjadi aspek utama yang dinilai mengingat pengguna (user) hasil lomba desain ini adalah para pelajar. Aspek lain yang dinilai adalah dari Fungsi (Functional-Universal), Nilai inovasi (Innovation Value), Ramah Lingkungan (Green Orientation), Estetika (Aesthetics), Orientasi Pasar (Marketable), Kandungan Kearifan Lokal (Local Wisdom) dan mengikuti tren desain terkini

Tim dewan juri IFDA 2016 terdiri dari akademisi (Prof. Imam Buchory, Dr. Agus Windharto), pakar desainer furniture nasional (Alvin Tjitrowirjo, Adhi Nugraha), pelaku industri furniture nasional (Satori, M. Hatta Sinatra) serta pengguna (user) (Dr. Bambang Indriyanto, Msc. dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).

Adapun Persyaratan peserta IFDA 2016 adalah sebagai berikut : 

  • Warga negara Indonesia, individu/perorangan, kelompok maupun wakil perusahaan.
  • Melampirkan fotokopi identitas (KTP), biodata, alamat rumah, nomor telepon, nomor seluler dan alamat email. 
  • Karya desain terbaru, asli pemikiran sendiri (original), menawarkan ide baru yang segar, inovatif dan belum pernah dipublikasikan, dilengkapi dengan pemaparan tertulis/konsep. 
  • Peserta hanya dapat mengirimkan 1 (satu) karya berupa foto, miniatur atau gambar  sketsa perspektif 3 dimensi manual atau digital rendering prototip desain (tampak depan, samping dan potongan, pada kertas A3).
  • Karya disampaikan ke panitia melalui email IFDA (ifdacompetition2016@gmail.com) dengan besaran file tidak lebih dari 10 MB untuk setiap file karya (dalam format .pdf) dan/atau ke alamat panitia Gedung Kementerian Perindustrian, Lantai 17, Jl. Jenderal Gatot Subroto, Kav. 52-53, Jakarta Selatan, 12950 dengan gambar teknik (penjelasan detail dan ukuran).

Pada akhir bulan April 2016 akan mulai dilaksanakan tahap sosialisasi dan tahap penyerahan karya akan ditutup pada tanggal 6 Juni 2016. Tahap berikutnya akan dilanjutkan dengan tahap Seleksi I pada tanggal 9 Juni 2016 dan Pengumuman 12 finalis/nominator tanggal 10 Juni 2016, dilanjutkan dengan proses produksi prototype 12 finalis 10 Juni – 31 Juli 2016, serta Seleksi Tahap II (Final) akan dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2016.

Adapun kepada para pemenang akan diberikan penghargaan berupa sertifikat, plakat dan hadiah berupa Platinum Prize hadiah sejumlah Rp 30 juta, Gold Prize sejumlah Rp 20 juta, Silver Prize sejumlah Rp 15 juta dan The Most Creative sejumlah Rp 10 juta. Kepada 12 finalis akan diberi kesempatan untuk magang/melakukan pendampingan selama proses produksi prototip di perusahaan yang akan ditunjuk. 

Pemberian penghargaan berupa sertifikat, plakat dan hadiah kepada para pemenang IFDA 2016 akan dilaksanakan pada tanggal 15 November 2016 bersamaan dengan acara pembukaan Pameran Furniture dan Produk Interior di Plaza Industri Gd. Kementerian Perindustrian, Jakarta.

Download:

Poster IFDA

Share:

Twitter