KEGIATAN KEMENPERIN

Rapat Kerja Kementerian Perindustrian Tahun 2016


Pada tahun 2016, Kementerian Perindustrian menginisasi kebijakanhilirisasi pembangunan industri berbasis sumber daya alam. Hilirisasi pembangunan industri dilakukan melalui program dan kegiatan yang mendorong peningkatan pemanfaatan, penyediaan dan penyaluran sumber daya alam (SDA) untuk perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perindustrian Saleh Husin dalam sambutannya pada Rapat Kerja Kementerian Perindustrian tahun 2016 di Jakarta, Selasa (16/1). “Pelaksanaan kebijakan hilirisasi diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah sumber daya alam Indonesia sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Menurut Saleh,upayauntuk mengoptimalkan hilirisasi pembangunan industri berbasis SDAdiperlukan adanya sinergi kebijakan dengan seluruh pemangku kepentingan. “Untuk itu, dalam rangka menyinergikan kebijakan dengan seluruh pemangku kepentingan, Kementerian Perindustrian menyelenggarakan Rapat Kerja Kementerian Perindustrian Tahun 2016,” ujarnya.

Rapat Kerja Kementerian Perindustrian Tahun 2016 yang mengangkat tema “Hilirisasi Pembangunan Industri Berbasis Sumber Daya Alam” dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution dan dihadiri pejabat eselon I, II, Atase Perindustrian, Baristand, BDI, Sekolah di lingkungan Kementerian Perindustrian, serta Kadisperindag Provinsi, asosiasi industri, perbankan, dan praktisi industri.

Dalam sambutannya, Menko Perekonomian Darmin Nasution menegaskan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada dua tahun terakhir mencapai posisi cukup tinggi dibanding negara-negara lain. “Pertumbuhan industri non migas masih lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi dan sektor industri memberikan kontribusi paling besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional”.

Share:

Kegiatan Lainnya  

Twitter