KEGIATAN KEMENPERIN

Penyerahan SPPT SNI Kepada Perakit TV Kusrin Pemilik UD Haris Elektronika


Menteri Perindustrian Saleh Husin menepati janjinya memberikan Sertifikat Produk Penggunaan Tanda – Standar Nasional Indonesia (SPPT SNI) kepada Kusrin selaku pemilik UD Haris Elektronika untuk produk televisi rakitan jenis cathode ray tube (CRT) atau berbentuk tabung di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (19/1).


Penyerahan SPPT - SNI tersebut disaksikan oleh pejabat eselon I Kemenperin, diantaranya Dirjen IKM Euis Saedah, Kepala BPPI Haris Munandar, Dirjen ILMATE I Gusti Putu Suryawirawan, Kepala Baristand Surabaya, dan Bupati Karanganyar.


Dalam sambutannya, Menperin mengatakan, pihaknya terus mendorong industri kecil dan menengah (IKM) untuk menerapkan SNI terhadap produk yang dihasilkan. Tujuan pemberlakuan SNIadalah untuk melindungi produk dalam negeri dari serbuan produk impor, melindungi konsumen, serta meningkatkan daya saing dan nilai jual produk.


Penerapan SNI berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 3 tahun 2014 tentang Perindustrian dan UU No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.


Pada kesempatan yang sama, Dirjen IKM Euis Saedah mengatakan, pihaknya telah memfasilitasi pemberian SNI untuk beberapa produk IKM, diantaranya pakaian bayi, helm, dan mainan anak. Hal ini seiring dengan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).


Pada awal tahun 2016, Kemenperin kembali memfasilitasi pemberian SNI wajib kepada beberapa IKM, salah satunya IKM yang memproduksi TV CRT. Pemberian SNI ini sesuai amanat Permenperind RI No.17/M-IND/PER/2/2012Tentang Perubahan Atas Permenperind No.84/M-IND/PER/8/2010 Tentang Pemberlakuan SNI Terhadap 3 (Tiga) Produk IndustriElektronika Secara Wajib. Tiga produk tersebut, yaitu pompa air, seterika listrik dan Audio Video (TV Tabung/CRT).



Share:

Kegiatan Lainnya  

Twitter