KEGIATAN KEMENPERIN

Kunker Menperin Saleh Husin ke Cirebon


Menteri Perindustrian Saleh Husin melakukan kunjungan kerja ke Cirebon pada Kamis, 14 Januari 2016. Pada kunjungan pertama, Menperin mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau rumah kerang CV Multi Dimensi di Astapada, Kabupaten Cirebon.


Dalam kesempatan tersebut, beberapa Menteri Kabinet Kerja yang juga turut hadir diantaranya Menko PMK Puan Maharani, Menteri KUKM AGN Puspayoga, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.


Di CV Multi Dimensi, Menperin mengatakan, pihaknya akan mengembangkan industri kecil dan menengah (IKM) berbahan baku kerang dengan pola inti-plasma. Artinya, perusahaan kerajinan kerang yang telah mapan menjadi induk dan menerima kerajinan setengah jadi dari perajin.


Sementara itu, menurut Dirjen IKM Kemenperin Euis Saedah yang mendamping Menperin, direktoratnya tengah memacu pengembangan produk kerajinan dengan pelatihan di sentra kerang seperti di Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur yang memiliki jenis kerang yang khas.


Selanjutnya, Menperin juga menyambangi sentra industri rotan, House of Rattan di Tegalwangi. Cirebon merupakan salah satu pusat rotan bersama Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Jepara, Kudus, Semarang, Sukoharjo dan Yogyakarta. Sampai 2014, jumlah perusahaan mencapai 550 buah dengan total kapasitas izin produksi 551 ribu ton. Volume ekspor tercatat 60 ribu ton dengan nilai USD 173 juta.


Pelaku industri rotan meliputi petani, pemungut, dan pengolah yang menyerap tenaga kerja sebanyak 3 juta orang. Sementara pedagang, perajin, pengusaha dan retailer menyerap 2 juta orang, sehingga secara keseluruhan jumlah tenaga kerja yang terserap dari hulu sampai dengan hilir mencapai 5 juta orang.

"Langkah penguatan industri rotan nasional dengan mengembangkan industri pengolahan rotan di daerah sumber bahan baku, revitalisasi industri pengolahan rotan di sentra industri dan perluasan pasar baik domestik serta luar negeri," kata Menperin.



Share:

Kegiatan Lainnya  

Twitter