KEGIATAN KEMENPERIN

Menperin Saksikan Penandatanganan Mou KPPU-Kadin


Menteri Perindustrian Saleh Husin menyaksikan penandatangan MoU antara Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) yang dilakukan oleh Ketua Ketua KPPU Syarkawi Ra’uf dan Ketua KADIN Suryo B. Sulisto, Jakarta, Selasa (03/11). Turut hadir dalam menyaksikan penandatanganan tersebut Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Perdagangan Thomas Lembong dan Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad.


"MoU ini menarik. Karena semangatnya tidak hanya mencegah persaingan tidak sehat, tetapi pada detailnya juga menyebutkan KPPU siap membantu pengusaha nasional menggelar ekspansi keluar negeri," kata Menperin Saleh Husin usai menyaksikan penandatanganan MoU tersebut.


Terdapat dua poin utama dalam nota kesepahaman itu. Yaitu, KPPU meningkatkan sosialisasi hukum persaingan usaha kepada para pelaku usaha di Indonesia. Beleid itu sejatinya sudah diatur dalam UU Nomor 5/1999 serta peraturan pelaksanaannya. 


"Kemenperin optimistis, komunikasi yang intensif dan terbuka antara KPPU dengan KADIN ini memberi kepastian bagi pelaku bisnis yang telah mengalokasikan waktu dan investasi. Mana yang boleh, mana yang dilarang. Jika menemukan yang abu-abu, bikin ragu, KPPU dan KADIN siap memfasilitasi," tegas Menperin.



Share:

Kegiatan Lainnya  

Twitter

Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM